Yuk, Keliling Kota Solo dengan Railbus Bathara Kresna Railbus Bathara Kresna saat berada di Stasiun Purwosari Solo. Foto: MerahPutih/WIN

MerahPutih Wisata - Selain kaya akan kebudayaan dan kulinernya, ternyata moda transportasi di Kota Solo cukup memadai. Hal ini dibuktikan dengan adanya salah satunya keberadaan Railbus Bathara Kresna yang mencakup tiga wilayah sekaligus, yakni Solo, Sukoharjo dan Wonogiri.

Tak heran jika kereta yang diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) pada 11 Maret 2015 lalu, kini seolah menjadi salah satu ikon pariwisata Kota Solo, Jawa Tengah.

Bagaimana tidak, rute yang dilintasi dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Wonogiri pun banyak lokasi bersejarah, seperti Rumah Dinas Walikota Loji Gandrung, Plaza Sriwedari, Museum Radya Pustaka, hingga keberadaan Stasiun yang sudah lama tak beroperasi, namun difungsikan lagi, yakni Stasiun Solo Kota.

Selain itu, kereta ini juga melintas di jalan yang menjadi jantung Kota Solo, yakni Jalan Slamet Riyadi. Kereta ini juga bukan kereta seperti pada umumnya, karena kereta buatan PT INKA ini hanya mampu berjalan 20 hingga 40 kilometer per jam.

Railbus Bathara Kresna saat melintas di rel bengkong kawasan Jalan Slamet Riyadi Foto: MerahPutih/WIN

Uniknya, kesadaran masyarakat Kota Solo sangat tinggi. Meski tak ada pintu perlintasan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, namun para pengguna jalan selalu memberikan kesempatan untuk Railbus melintas.

Untuk menikmatinya, harga tiket yang ditawarkan pun cukup memadahi, yakni Rp4.000 saja. Tiket tersebut bisa didapatkan di Stasiun Purwosari maupun Stasiun Solo Kota.

Seorang penumpang asal Banjarsari, Lilik Wahyudi mengatakan, hampir setiap sebulan sekali ia bersama dua buah hatinya menyempatkan diri menaiki Railbus. Hal ini ia lakukan selain untuk mengisi waktu libur, juga memberikan edukasi kepada kedua putranya ini.

“Sebulan sekali pasti menaiki Railbus, sekalian megenalkan kepada anak tentang lokasi-lokasi yang memiliki sejarah, baik di Solo maupun di kawasan Sukoharjo dan Wonogiri. Biasanya sampai Wonogiri langsung pulang,” jelasnya saat ditemui merahputih.com, di Stasiun Solo Kota, Rabu (27/4) pagi.

Railbus sendiri memiliki tiga rangkaian dengan kapasitas angkut maksimal 117 penumpang dengan tempat duduk 28 seat setiap gerbongnya.

Dengan jarak sejauh 37 kilometer, waktu tempuh kereta mencapai 1 jam 45 menit untuk sekali perjalanan. Namun sayang, karena keberadaan armada yang hanya satu unit, operasional Railbus hanya dua trip saja sehari. (Win)

BACA JUGA:

  1. AADC2 Set di Yogyakarta, Ini Jawaban Mira Lesmana
  2. Tempat-tempat Ngopi Asyik di Yogyakarta
  3. Lima Tempat Wisata Malam Cihuy di Yogyakarta
  4. Maharani Khan Jade, Perempuan Penyair Muda dari Yogyakarta
  5. Wisata Candi Tua di Ufuk Timur Yogyakarta

Tags Artikel Ini

Ana Amalia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH