Yuk Keliling Asia, 5 Macam Hidangan Mi Paling Terkenal Berbagai Negara Pho sajian mi khas Vietnam. (Foto: Pixabay/jchoate7)

MI merupakan hidangan terkenal di Asia. Ketika berwisata kuliner ke Asia, kamu akan banyak menemukan hidangan mi beragam jenisnya di mana-mana. Makanan ini terbuat dari tepung dan dihidangkan berkuah maupun kering.

Sama seperti pasta, mi memiliki jenis berbeda tergantung ke mana kamu pergi. Rencanakan perjalanan untuk mencari beberapa hidangan mie terbaik Asia. Dikutip Booking.com, berikut 5 tempat yang baik untuk memulainya.


1. Pho, Vietnam

Pho sajian mi khas Vietnam. (Foto: Pixabay/Kasman)
Pho sajian mi khas Vietnam. (Foto: Pixabay/Kasman)

Pho merupakan sup mi sederhana yang saat ini menjadi tren global. Mi ini terdiri dari kaldu bintang-adas panas dan rasa bawang dibumbui dengan potongan daging sapi, dan mi beras yang panjang. Masing-masing daerah di Vietnam memiliki sajiannya masing-masing, misalnya di utara lebih suka sajian dengan jeruk nipis, saus sriracha, tauge, dan kemangi Thailand.


2. Pad Thai, Thailand

Pad Thai sangat terkenal sebagai sajian mi dari Thailand.(Foto: Pixabay/ctwtn)
Pad Thai sangat terkenal sebagai sajian mi dari Thailand.(Foto: Pixabay/ctwtn)

Pad Thai telah diadopsi sebagai sajian favorit oleh kota-kota di seluruh dunia. Namun tentu saja, sangat sulit untuk mengalahkan pad Thai asli yang dibuat di jalanan Bangkok. Hidangannya terbuat dari tahu, udang juicy, bawang putih, lobak manis, kecap ikan dan kecap, gula, asam, telur, daun bawang dan tauge, semuanya dicampur dalam wajan panas selama beberapa menit. Kemudian cincang kacang tanah ditaburkan di atasnya.


3. Ramen, Japan

Ramen sajian khas Jepang. (Foto: Pixabay/p750010)
Ramen sajian khas Jepang. (Foto: Pixabay/p750010)

Ramen dapat dikatakan sebagai hidangan mi paling terkenal di dunia. Resep rahasianya adalah kaldu dan mie. Ada empat jenis kaldu klasik adalah shio (garam), shoyu (kedelai), miso (miso), dan tonkotsu (tulang babi). Sedangkan mi terbuat dari gandum dengan ukuran dari spiral tipis, hingga lebih tebal seperti jenis tonkotsu. Kemudian ditambahkan topping daging panggang atau direbus, daun bawang, nori (rumput laut kering), dan telur rebus.


4. Japchae, Korea Selatan

Japhae sajian mi khas Korsel. (Foto: Pixabay/zzilu063)
Japhae sajian mi khas Korsel. (Foto: Pixabay/zzilu063)

Dihidangkan panas atau dingin, Japchae adalah hidangan mi Korea terkenal dengan campuran rasa manis dan asam. Legenda mengatakan hidangan itu dibuat untuk Raja Gwanghaegun. Sang raja sangat menyukainya sehingga ia mempromosikan koki dengan jabatan setinggi menteri keuangan. Mie kaca ubi jalar (dikenal sebagai dangmyeon) dicampur dengan daging lada hitam goreng dan berbagai sayuran. Kemudian ditutup dengan kombinasi kecap, minyak wijen, gula, dan ditaruh di atasnya jidan (hiasan telur).


5. Knife-cut noodles, Tiongkok

Mi potong pisau khas Tiongkok. (Foto: Pixabay/instagram.com/jocakezbake)
Mi potong pisau khas Tiongkok. (Foto: Pixabay/instagram.com/jocakezbake)

Keajaiban yang luar biasa bagaimana mi potong pisau ini dibuat. Pembuat mi memegang gulungan besar adonan di atas panci air mendidih, dan dengan menggunakan pisau yang dirancang khusus si koki kemudian mengiris-iris adonan langsung ke dalam air. Ini keterampilan legendaris yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikuasai. Mi ini digoreng dengan bawang putih, jamur shiitake, cabai, daging, anggur Shaoxing, dan kecap asin. (*)

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH