Yuk Jalani Ramadan Sambil Menjaga Bumi Yuk jalani Ramadan Sambil Menjaga Bumi (Foto: euronews.com)

BULAN Suci Ramadan merupakan bulan ibadah dan berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain bermanfaat bagi kebutuhan spiritual, puasa yang dilakukan ketika bulan Ramadan juga bisa membuat tubuh menjadi sehat, stabil, dan semakin bugar.

Selain berdampak positif secara spiritual dan juga secara fisik, yuk manfaatkan bulan Ramadan sebagai sarana untuk lebih menjaga kelestarian lingkungan dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini!

1. Unplug

ramadan
Hindari penggunaan elektronik ketika ramadan (Foto: euronews.com)

Ramadan mendorong orang yang menjalankannya untuk hidup yang tidak materialistis, dan lebih berfokus pada meningkatkan kespiritualan. Maka dari itu, menjauhi diri dari penggunaan barang-barang elektronik merupakan hal yang sangat tepat dijalani seiring dengan berjalannya bulan Suci Ramadan ini. Selain mengurangi kehidupan materialistis, ini juga bisa menyimpan energi dan mengurangi penggunaan listrik sehingga bumi bisa lebih terselamatkan.

Gunakanlah waktu senggangmu untuk membaca, berkumpul bersama keluarga, serta crafting untuk mengasah kreatifitasmu.


2. Masak makanan vegetarian

ramadan
Konsumsi sayuran untuk mengurangi limbah. (Foto: euronews.com)

Ramadan merupakan waktu dimana kita harus peduli dan berbelaskasih pada dunia, sehingga mengurangi konsumsi daging merupakan salah satunya. Masak dan konsumsilah makan makanan yang sehat saat berbuka maupun sahur. Selain lebih menyehatkan tubuh kamu, tindakan ini juga bisa membantu meningkatkan kondisi bumi agar menjadi lebih baik loh!

Menurut penelitian dari para ahli, industri daging bertanggung jawab untuk emisi gas efek rumah kaca dengan jumlah tertinggi di dunia, yaitu lebih dari 51%. Belum lagi pada lahan luas yang digunakan untuk pemeliharaan hewan, penggunaan air, serta pohon yang ditebang untuk memperbesar lahan.

Maka dari itu, yuk kurangi konsumsi daging, dan fokus pada makan makanan yang mengandung sayur-sayuran.

3. Rapihkan rumahmu

ramadan
Rapihkan rumah kamu agar bersih dan apik. (Foto euronews.com)

Selain membersihkan jiwa, pikiran, serta tubuhmu, maka tidak ada salahnya untuk membersihkan juga rumahmu. Pilihlah barang mana yang masih ingin kamu gunakan, dan yang tidak. Barang-barang yang sudah tidak kamu inginkan bisa kamu sumbangkan untuk membantu orang-orang diluar sana yang sedang membutuhkan. Selain beramal, ini juga bisa membuat rumahmu lebih bersih, lowong, serta nyaman ditinggali.

4. Rencanakan makananmu dan bekukan

ramadan
Rencanakan makananmu. (Foto: Erren Kitchen)

Setiap detik, satu orang mati karena kelaparan. Saat ini, ada lebih dari satu milyar orang yang menderita kelaparan, yang artinya satu dari enam orang di bumi tidak mendapatkan makana yang cukup untuk hidup sehat.

Meskipun begitu, limbah makanan merupakan masalah di setiap belahan bumi. Masalah yang kontradiksi ini semakin bisa menjadi alasan kita untuk tidak membuang-buang makanan. Kamu bisa mulai dari hal kecil, yaitu dirimu sendiri. Rencanakan makananmu dan bekukan, sehingga kamu terus mengkonsumsi makanan sisa, daripada harus mulai memasak lagi setiap hari. Jika kamu memiliki makanan berlebih, donasikan makananmu untuk mereka yang membutuhkan. (shn)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH