Yuk Jalan-jalan ke Kampung Gerabah di Anyer Banten

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 20 Februari 2016
Yuk Jalan-jalan ke Kampung Gerabah di Anyer Banten
Gerabah bandulu, di Desa Bandulu, Anyer, Kabupaten Serang, Banten. (Foto-foto: disbudpar.bantenprov.go.id)

MerahPutih Wisata - Anyer terletak di pesisir barat, Kabupaten Serang, Banten. Anyer terkenal dengan wisata pantai. Namun selain Pantai Anyer yang terkenal, bagi Anda wisatawan yang berkunjung ke Anyer, silakan singgah ke kampung gerabah yang tak kalah memberikan pengalaman wisata yang luar biasa.

Sentra pembuatan gabah di Anyer tepatnya terletak di Desa Bandulu. Maka gerabah dari daerah ini dinamakan gerbah bandulu. Gerabah bandulu sangat terkenal karena dipasarkan cukup luas keluar dari wilayah wisata Anyer.

Letak Bandulu tidak jauh dari Pantai Anyer. Anda bisa melihat langsung para pengrajin di workshop yang sedang membuat gerabah dari tanah liat hingga proses selanjutnya sampai siap jual. Bagi Anda yang tertarik membawa tembikar bendulu sebagai oleh-oleh, pilihan gerabah tentu sangat banyak, dan harga yang bervariasi sesuai bentuk dan besarnya.

Tidak hanya bisa digunakan sebagai alat-alat dapur, gerabah bandulu memiliki nilai seni yang tinggi sehingga banyak digunakan sebagai hiasan rumah. Gerabah berbagai jenis tentu sangat cocok menjadi cindera mata selepas Anda berwisata di Pantai Anyer.

Salah satu workshop pembuatan gerabah yang cukup terkenal yaitu J2 Pottery. J2 Pottery menyediakan galeri hasil kerajinan gerabah sehingga pengunjung bisa leluasa menikmati, atau jika belum puas Anda bisa membawa hasil tangah pengerajin ini ke rumah.

Melihat langsung pembuatan gerabah menjadi kunjungan yang sangat menarik. Selain itu, pemilik juga menyediakan tempat bagi Anda yang ingin mencoba membuat gerabah sendiri , tentu dengan arahan pengerajin agar hasil karya Anda tak kalah indah.

Para wisatawan asing yang berwisata ke Pantai Anyer kerap singgah ke Desa Bandulu. Jika Anda sedang berwisata di Pantai Anyer, kampung gerabah bisa menjadi pilihan persinggahan yang menarik. Anda bisa melihat secara langsung proses tanah liat menjadi sebuah karya seni yang indah, sekaligus bisa membeli langsung dari tempat pembuatannya jika Anda tertarik menjadikannya sebagai buah tangah dari Anyer.


BACA JUGA:

  1. Golok Ciomas Senjata Khas Jawara Banten
  2. Danau Tasikardi Peninggalan Sultan Banten untuk Sang Ibunda
  3. Pantun Bambu, Musik Tradisional Banten yang Terancam Punah
  4. Bendrong Lesung, Tari Keceriaan Musim Panen dari Banten
  5. Sajira Penghasil Kerajinan Batu Fosil Mendunia di Banten
#Provinsi Banten #Gerabah Bandulu #Tempat Wisata Serang #Wisata Banten
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan