Yuk, Jaga Tulang dan Gigi dengan Air Kelapa Ilustrasi. (pixabay)

SEMUA orang pasti mengenal air kelapa. Biasanya air kelapa disajikan dengan tambahan es yang membuatnya makin segar.

Sifat air kelapa yang menyegarkan dan dipercaya menjadi elektrolit membuatnya dipercaya sebagai minuman pelepas dahaga yang menyehatkan. Seperti dilansir Go-Dok, air kelapa juga punya berbagai manfaat kesehatan.

Berikut manfaat air kelapa untuk tubuh.

1. Mencegah diabetes

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah pada hewan percobaan yang menderita diabetes. Tentu saja hal itu belum dibuktikan pada manusia, tapi cukup kuat sebagai dasar argumen pencegahan diabetes.

Tak hanya itu, kandungan serat dan karbohidrat yang mudah dicerna pada air kelapa dapat dengan mudah menurunkan kadar gula darah. Ditambah lagi, air kelapa merupakan sumber magnesium, suatu zat yang diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.


2. Sumber nutrisi bagi tubuh

Sejatinya, air kelapa merupakan cairan yang bertugas menutrisi pertumbuhan pada kelapa muda dengan 94% kandungan air dan lemak yang sangat sedikit. Nah, diketahui bahwa setiap 240 gr air kelapa mengandung 46 kalori, dan kandungan sehat lainnya, seperti serat, protein, vitamin C, magnesium, mangan, potasium, sodium, dan kalsium. Kandungan tersebut dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.


3. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Air kelapa menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jika Anda sedang bosan dengan air putih, tapi tetap ingin menjaga keseimbangan kadar air di dalam tubuh, mengonsumsi air kelapa merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, air kelapa memiliki rasa yang lebih manis dan menyegarkan ketimbang air putih. Kandungan elektrolit di dalamnya juga cocok sebagai minuman olahraga bagi para atlet.

kelapa
Air kelapa punya banyak manfaat untuk tubuh.(foto: pixabay)


4. Menjaga jantung tetap sehat

Air kelapa punya kandungan zat arginine, yaitu suatu bentuk asam amino yang membantu tubuh Anda dalam merespon tekanan dengan lebih baik. Oleh karena itu, tubuh Anda tidak akan merespons berlebihan terhadap tekanan dari olahraga atau kegiatan lain yang melelahkan. Tak hanya itu, arginine juga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung Anda.


5. Menyehatkan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dalam air kelapa cukup tinggi, bahkan hampir sama dengan kadar kalsium di dalam susu sapi. Karena itulah, air kelapa dianggap mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda, bahkan membantu penyembuhan keduanya saat cedera. Tak hanya itu, air kelapa juga mengandung magnesium yang mendukung peran dari kalsium di dalam tubuh.


6. Mencegah hipertensi

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa penderita hipertensi yang secara rutin mengonsumsi air kelapa mengalami peningkatan yang signifikan dalam keseimbangan tekanan darah mereka. Hal itu disebabkan kandungan potasium di dalam air kelapa yang memang terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Jadi jangan ragu mengasup air kelapa ya.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH