Yuk, Jaga Kakek dan Nenek Agar Tidak Malnutrisi Kakek dan nenek juga harus dirawat (Foto: Pixabay/Pexels)

SEBAGAI cucu, kamu harus berbakti kepada kakek dan nenek. Ada langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan baktimu itu, yaitu menjaga mereka agar terhindar dari ketidakcukupan gizi atau malnutrisi.

Kasihan kakek dan nenek kalau mereka mengalami malnutrisi. Karena malnutrisi pada lansia bisa menyebabkan penurunan berat badan, kelelahan, tidak berenergi, kehilangan masa otot, daya ingat melemah, dan mudah sakit. Butuh waktu lama bagi lansia untuk sembuh dari kondisi-kondisi itu.

Baca juga:

Kedelai Bisa Jadi Musuh untuk Tubuh

Malnutrisi bisa terjadi pada lansia (Foto: MP/Ikhsan Digdo)
Malnutrisi bisa terjadi pada lansia (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Penyebab malnutrisi beragam. Dari faktor fisik terjadi karena kesehatan gigi yang buruk dan menurunnya kualitas pengecap rasa pada lidah. "Kondisi ini (malnutrisi) dapat mengganggu lansia untuk menjalani aktivitas hariannya," ujar Dr.dr. Purwita Jaya Laksmi, Sp.PD-KGer saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/11).

Sementara ada juga yang muncul karena faktor sosial, seperti rasa kesepian dan depresi. Lansia pun merasa sedih karena harus makan sendirian. Oleh karena itu, Purwita menegaskan agar anggota keluarga selalu memperhatikan kondisi lansia setiap saat.

Baca juga:

Yuk, Cobain Camilan Smoothie Bowl dengan Topping Sehat

"Keluarga inti hanya ada waktu saat weekend, sehingga ia sangat menunggu momen itu terjadi," tambahnya.

Perhatikan gizi kakek nenek (Foto: MP/Ikhsan Digdo)
Perhatikan gizi kakek nenek (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Selain itu, asupan gizi seimbang kata Purwita juga harus diperhatikan. Asupan gizi seimbang meliputi adanya zat gizi makro dan mikro yang dikonsumsi dengan cukup. Zat gizi makro seperti makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara zat gizi mikro merupakan vitamin dan mineral yang bisa didapat dari buah dan sayur.

Nah, ada satu asupan lagi untuk lansia, yakni susu Nestle BOOST Optimum. Susu ini mengandung 50% protein whey. Kemudian perbandingan whey dan caseinnya 50:50. Selain itu, susu ini juga diperkaya dengan vitamin D, E, B6, dan B12. Serta mengandung probiotik dan prebiotik yang bagus untuk sistem pencernaan.

Jadi jangan lupa ya sahabat Merah Putih, beri perhatian lebih kepada kakek dan nenek agar mereka tidak mengalami malnutrisi. (ikh)

Baca juga:

Rajin Sikat Gigi Tetap Bau Mulu? Waspadai Penyakit Berikut


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH