Yuk Jadi Pelancong Ramah Lingkungan, Begini Caranya! Pelancong juga harus cinta lingkungan (Foto: Pexels/Catarina Sousa)

MUNGKIN di lingkungan tempat tinggalmu. Kamu berusaha hidup dengan gaya hidup yang ramah lingkungan. Tujuannya agar lingkungan kamu enggak tercemar dengan jenis-jenis polusi yang membuat lingkungan hidupmu enggak nyaman.

Namun, beda cerita jika kamu melancong. Kamu mungkin enggak terpikir untuk menjadi seorang pelancong yang ramah lingkungan. Padahal ada baiknya jika kamu memikirkan kelangsungan hidup warga sekitar di tempat wisata kamu.

Oleh karena itu, enggak ada salahnya kamu mencoba menjadi seorang pelancong yang ramah lingkungan. Bagaimana caranya? Berikut cara yang bisa kamu lakukan menurut laman The New York Times.

1. Sebisa mungkin naik kereta

Kereta lebih ramah lingkungan dibandingkan pesawat (Foto: Pexels/veerasak Piyawatanakul)

Moda transportasi yang kamu gunakan amatlah berpengaruh ke pencemaran lingkungan. Jika kamu seorang pelancong ramah lingkungan. Cobalah sebisa mungkin untuk menggunakan transportasi kereta dibandingkan pesawat terbang.

Menurut the Environmental Protection Agency. Pesawat terbang menghasilkan 12% dari semua gas rumah kaca di AS. Lalu emisi dari mobil dan kendaraan lain menyumbang persentase total yang lebih besar.

Memang enggak semua destinasi bisa dicapai menggunakan kereta. Tapi jika memang ada pilihan menggunakan pesawat terbang atau kereta. Gunakan kereta! "Ini cara yang bagus untuk mencapai tujuan dan memiliki dampak karbon yang jauh lebih rendah daripada terbang," kata Justin Francis, CEO dari agen travel Responsible Travel.

2. Menginap di penginapan yang berkelanjutan atau ramah lingkungan

Indonesia memiliki banyak hotel yang ramah lingkungan (Foto: the-dharmawangsa.com)

Di mana kamu menginap juga bisa membuat kamu menjadi seorang pelancong ramah lingkungan. Sudah banyak hotel ramah lingkungan yang hadir di Indonesia maupun negara lain. Hotel ramah lingkungan ialah yang bertanggung jawab terhadap limbah, air, dan energi yang mereka gunakan.

"Hotel Berkelanjutan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, terutama melalui program sertifikasi yang mengikuti standar praktek terbaik internasional," kata Samantha Bray, managing director di Responsible Travel.

Di Indonesia sendiri ada beberapa hotel ramah lingkungan. Termasuk The Dharmawangsa (Jakarta), Hyatt Regency (Yogyakarta), Kila Senggigi Beach (Lombok), dan Alila (Solo). Jadi jangan lupa booking hotel yang ramah lingkungan juga ya sebelum berangkat.

3. Hormati lingkungan di tempat wisata tujuan kamu

Jangan pakai sedotan plastik walau berada di tempat wisata (Foto: Pexels/Pixabay)

Semua kembali lagi ke diri kamu sendiri. Kalau kamu enggak menghormati lingkungan di tempat tujuan kamu. Berarti kamu bukan traveler ramah lingkungan. Jadi apa saja yang bisa kamu lakukan?

Mudah saja. Bawalah sedotan kamu sendiri. Sehingga kamu enggak perlu menggunakan sedotan plastik saat membeli minuman di tempat wisata. Bawalah juga wadah makanan atau minuman yang bisa kamu gunakan kembali. Kalau perlu, bawalah tas belanja sendiri. Jangan menggunakan plastik di supermarket di area wisata.

Jadi bagaimana sahabat Merah Putih. Sudah siap menjadi pelancong ramah lingkungan? (ikh)

Baca juga: Cegah Bau Badan Setelah Menempuh Perjalanan dengan 4 Cara Ini

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH