Yuk Intip Tips Mudah Merevisi Paspor

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 01 November 2019
Yuk Intip Tips Mudah Merevisi Paspor
Cara mudah mengubah indentas pada paspor (Foto: Pixabay/mohammed_Hassan)

DALAM pembuatan identitas diri seperti halnya pada paspor, terkadang terjadi kesalahan-kesalah yang bisa berakibat fatal. Untuk mengubah identitas itu sendiri, pun membutuhkan syarat-syarat dan prosedur tertentu.

Namun kamu jangan khawatir, karena ada tips mudah untuk mengubah identitas pada paspormu. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah menyiapkan beberapa dokumen penting.

Baca Juga:

Ganti Paspor Biasa ke E-Paspor, ini Tipsnya

Antara lain yaitu KTP asli dan fotokopi, Kartu Keluarga asli dan fotokopi, Akte Kelahiran atau Ijazah Asli dan Fotokopi, Paspor asli dan fotokopi, dan formulir imigrasi.

Perisapkan terlebih dahulu beberapa dokumen penting untuk pengurusan mengubah identitas paspor (Foto: Mp/Rizki Fitrianto)

Permasalahan dalam pembuatan paspor menang sudah kerap kali tejradi, untuk itu Kementerian Hukum dan Ham sudah mengaturnya lewat Permenkumham nomor 8 tahun 2001, tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

Baca Juga:

Yuk Intip Cara Perpanjangan Paspor Terbaru 2019

Pada pasal 24, mengatur tentang perubahan data pada paspor. Dimana kamu bisa mengajukan permohonan perubahan data paspor yang meliputi perubahan identitas yang salah pada petugas kantor Imigrasi.

Seperti yang dilansir dari laman airpaz, ada dua cara untuk mengubah data yang salah pada paspor kamu.

Sistem Endorsement

Cara untuk mendapatkan perubahan identitas paspor dengan metode endorsement terbilang simpel, karena kamu hanya menambahkan nama pada halaman paspor.

Pertama tama datanglah ke kantor imigrasi yang ada di wilayah tempat tinggalmu. Setelah itu isi formulir dengan materai 6.000, biasanya sudah disiapkan di fotokopi kantor Imigrasi.

Setelah selesai mengisi formulir, sampaikan tujuan kamu pada bagian informasi. Dan terakhir ambilah nomor antrian hingga nama kamu dipanggil. Setelah itu baru serahkan semua dokumen yang ditubuhkan. Tak sampai satu hari catatan Endorsement akan ada di halaman paspor kamu dengan koreksi yang diberikan oleh pihak Imigrasi

Ada dua cara untuk mengubah identitas pada paspor (Foto: pixabay/jakmac34)

Mengganti dan Mencetak Ulang Paspor

Cara yang satu ini lebih rumit, karena kesalahan yang terjadi pada paspor kamu akan diperbaiki dengan cara mengganti dan mencetak ulang paspor.

Langkah yang pertama ialah datang kekantor imigrasi, sampaikan tujuanmu ingin mengganti paspor karena terjadi kesalahan pada identitas diri kamu. Setelah itu kamu akan diarahkan dan mendapatkan BAP.

Selanjutnya kamu akan diwawancarai, diminta foto serta biometrik untuk proses pembuatan paspor. Nantinya setelah seelsai kamu akan mendapatkan Berita Acara PEndapat (Bapen).

Lalu usai mendapat persetujuan dari kepala kantor Imigrasi, dokumen kamu akan diajukan pada kepala kantor wilayah untuk disetujui.

Setelah usai wawancara dan foto, kamu nantinya akan menerima tanda bukti setor untuk biaya pembuatan paspor baru. Apabila telah membayar dengan jumlah uang yang sudah ditentukan, paspor kamu akan langsung diverifikasi oleh Ajudikator Pusat, kemudian diterbitkan paspor baru. Usai prosedur itu kamu lakukan, maka yang terakhir ialah pengambilan paspor yang telah diganti.

Itu dia penjelasan singkat syarat serta prosedur mengubah identitas diri pada paspor kamu, mudah bukan? Semoga bermanfaat ya gengs. (Ryn)

Baca Juga:

Jangan Panik Saat Paspor Hilang, Ini Panduan Mudah Pengurusannya

#Paspor #Traveling Ke Luar Negeri #Tips Traveling #Traveling Cerdas
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan