Yuk Intip 4 Misi Antariksa Baru dari NASA NASA tengah siapkan empat misi antariksa baru (Foto: Wallpapperplay)

BARU-BARU ini Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan empat buah misi antariksa baru. Misi tersebut dilakukan untuk mengetahui mister tentang sejumlah objek yang diteliti.

Nantinya, dua tim akan fokus pada planet venus, satu tim akan meleniti bulan yang mengelilingi Jupiter dan satu tim lagi akan fokus pada bulan yang mengelilingi Neptunus.

Baca Juga:

NASA Buka Lowongan Astronot untuk Pergi ke Bulan, Ini Persyaratannya

Seperti yang dilansir dari laman CNet, empat misi itu dipilih dari empat tim yang menjadi finalis dari discovery program. Dimana untuk merancang konsep penelitian mereka, empat tim itu akan disuguhkan dana sebesar USD 3 juta.

Associate Administrator Science Mission Directorate NASA, Thomas Zurbuchen menuturkan, jika misi terpilih ini mempunyai potensi untuk mengubah pemahaman terhadap beberapa dunia yang paling aktif dan kompleks di sistem tata surya.

Thomas juga menambahkan "Menjelajah salah satu dari benda-benda angkasa ini akan membantu membuka rahasia tentang bagaimana benda tersebut dan benda lainnya bisa terbentuk di kosmos".

NASA siapkan empat buah misi antariksa (Foto: pixabay/wikiimages)

Dua dari empat buah misi yang terpilih tersebut, yang akan fokus ke venus yakni Davinci+ dan VERITAS. Davinci+ (Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble gases, Chemistry and Imaging Plus) akan mengatmosfer Venus, untuk melihat seperti apa proses terbentuk serta evolusinya. Dan juga untuk melihat apakah planet ini pernah memiliki sebuah lautan.

Baca Juga:

Sejarah Baru! Astronot Berhasil Membuat Biskuit Cokelat di Luar Angkasa

Sedangkan misi VERITAS (Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography and Spectroscopy) nantinya akan memetakan permukaan Venus, guna memeriksa sejarah geologi dari venus.

Sementara itu, dua misi yang lainya yakni melihat bulan yang mengelilingi planet. Io Volcano Observer (IVO) akan menjelajahi Io, bulan Jupiter yang dipenuhi gunung merapi. Hal itu dilakukan untuk mempelajari lautan magna serta kekuatan pasang surut.

Misi yang terakhir yakni Trident yang akan menjelajahi Triton. Bulan es yang mengelilingi Neptunus untuk melihat apakah objek luar angkasa yang jaraknya jauh dari Matahari bisa dihuni oleh manusia atau tidak.

Keempat tim terpilih NASA akan diberikan jangka waktu 9 bulan untuk kembangkan rencana dan konsep (Foto: pixabay/024-657-834)

Keempat tim terpilih itu, nantinya akan diberikan jangka waktu selama sembilan bulan untuk mengembangkan rencana serta konsep yang terkait dengan misi tersebut.

Lalu setelah itu, NASA akan mengevaluasi hasil studi masing-masing tim dan akan memilih dua misi di tahun 2021 nanti. (Ryn)

Baca Juga:

328 Hari di Luar Angkasa, Astronot Perempuan Ini Akhirnya Kembali ke Bumi

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH