Yuk, Ikutan Barista Innovation Challenge, Ada Hadiah Senilai Rp 500 Juta Biaya pendaftaran terjangkau. (Foto: Unsplash/Krists Luhaers)

BARISTA Innovation Challenge merupakan ajang kompetisi untuk barista, home brewer, bartender, mixologist, dan para pelaku kopi untuk menunjukkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam membuat minuman berbahan dasar kopi.

Selain membuat kreasi minuman kopi yang unik, para peserta juga diajak membuat video yang menarik bagi masyarakat Indonesia sebagai bentuk edukasi dan hiburan terkait dengan kreasi minuman kopi yang mereka buat.

Dalam membuat kreasi minuman, peserta diajak untuk menggunakan biji kopi khas Indonesia sehingga bisa menghasilkan minuman bercita rasa Indonesia. Di tengah industri kopi Tanah Air yang masih banyak berkiblat kepada industri kopi luar negeri, hal itu diharapkan dapat menginspirasi seniman kopi Tanah Air untuk mengembangkan tren minuman kopi asli Indonesia.

Dalam kompetisi tersebut, bakal ada lima pembagian regional dengan Regional 1 terbagi untuk Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, Regional 2 untuk Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur, Regional 3 untuk Aceh, Sumut, Kepualuan Riau, Riau, Sumbar, Sumsel, Bengkulu, Kep Bangka Belitung, Lampung, dan Jambi.

Kemudian, Regional 4 untuk Bali, NTT, dan NTB, terakhir Regional 5 yakni Kalbar, Kalteng, Kaltim, Kalsel, Kalimantan Utara, Sulbar, Sultim, Sulsel, Sulteng, Sulut, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Baca juga:

Ngopi Sambil Merawat Lingkungan di BRI ICE 2022

Bila kamu tertarik untuk ikutan kompetisi tersebut, pendaftaran dibuka mulai 14 November 2022 hingga 13 Desember 2022 mendatang. Adapun batas akhir pengumpulan video dan resep adalah pada 19 Desember 2022.

Penilaian babak kualifikasi akan dilangsungkan pada 20-30 Desember 2022, dengan babak quarterfinal dihelat pada 10-12 Januari 2023. Sementara, babak semifinal dan final masing-masing akan digelar pada 27 Januari dan 28 Januari 2023.

Cara pendaftarannya cukup mudah, hanya melalui situs www.baristainnovationchallenge.com, lalu memilih regional yang sesuai dengan domisili peserta dan membayar biaya registrasi senilai Rp 450.000.

Nantinya peserta akan mendapatkan starter pack berupa produk yang didalamnya wajib menjadi bahan utama dalam pembuatan minuman yang dipertandingkan. Produk itu adalah biji kopi sebanyak 500 gram dari Otten, dua produk berupa syrup/powder/fruit pulp dari Dripp Flavour (mandatory), dan 1 can Ramoe.

Pada babak kualifikasi, peserta harus membuat 1 minuman inovatif berbahan dasar kopi asli Indonesia dan mengirimkan resep juga video pembuatan minuman tersebut lengkap dengan cerita di belakangnya. Dari total peserta yang mendaftar akan diambil 2 peserta terbaik dari masing-masing regional & 15 nilai terbaik dari total pendaftar.

Baca juga:

Naik Kelas di BRI Indonesia Coffee Events 2022

Masuk ke babak Quarterfinal, 25 peserta yang lolos babak kualifikasi akan diundang datang ke Jakarta untuk mempresentasikan minuman yang telah dibuat pada saat babak kualifikasi secara langsung di depan para juri. Babak quarterfinal akan berlangsung selama 2 hari. Dari quarterfinalis yang tampil, akan dipilih 12 terbaikuntuk masuk ke babak Semifinal.

Setelah itu, masuk ke babak semifinal, di mana 12 peserta yang lolos babak Quarterfinal akan diundang datang kembali ke Jakarta untuk mempresentasikan minuman dengan resep baru secara langsung di depan para Juri. Babak semifinal akan berlangsung selama 1 hari. Dari semifinalis yang tampil, akan diambil 5 terbaik untuk masuk ke babak Final.

Terakhir, adalah babak final, yang akan menampilkan 5 peserta terbaik untuk mempresentasikan minuman dengan resep baru yang disiapkan khusus untuk babak final. Selain membuat minuman yang sudah disiapkan tersebut, peserta juga akan membuat 1 minuman tambahan dengan challenge dan ketentuan yang akan disampaikan pada saat final. Peserta terbaik dari yang terbaik akan menjadi the next Champion Barista Innovation Challenge.

Ada total hadiah senilai Rp 500 juta menanti untuk lima juara, yakni Juara 1 hingga dengan 5. Cek akun Instagram @baristainnovationchallenge untuk informasi lebih lanjut. (waf)

Baca juga:

JIExpo Memanas Menunggu Pemenang Final BRI ICE 2022

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Keterbatasan Performa, 'Final Fantasy VII Rebirth' Batal Rilis di PlayStation 4
Fun
Keterbatasan Performa, 'Final Fantasy VII Rebirth' Batal Rilis di PlayStation 4

Performa PlayStation 4 kurang mumpuni untuk Final Fantasy VII Rebirth.

Mengapa Hamster Sering Berlari di Roda Putar?
Fun
Mengapa Hamster Sering Berlari di Roda Putar?

Hamster berlari di roda putar sebagai dorongan bertahan hidup.

Waspada, Penipu Siber Targetkan UKM
Fun
Waspada, Penipu Siber Targetkan UKM

Selain individu dan perusahaan besar, bisnis skala kecil atau UKM berpotensi jadi sasaran empuk para penipu daring.

Bulan Bertabrakan dengan Bagian Roket yang Dibuang
Hiburan & Gaya Hidup
Bulan Bertabrakan dengan Bagian Roket yang Dibuang

Efek dari tumbukan di bulan diperkirakan kecil.

Maestro Sastrawan Remy Sylado Meninggal Dunia
ShowBiz
Maestro Sastrawan Remy Sylado Meninggal Dunia

Remy Sylado dikabarkan menghembuskan napas terakhir pada 12 Desember 2022

Cara Mudah Kreator Baru Memonetisasi Konten
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Mudah Kreator Baru Memonetisasi Konten

Algoritma itu akhirnya membuat ekosistem kreator tidak bisa berkembang lebih besar

Realme Perkenalkan Smartphone Premium GT 2 Pro
Fun
Realme Perkenalkan Smartphone Premium GT 2 Pro

Ponsel premium Realme terbuat dari bahan baku ramah lingkungan.

Pandemi Hadirkan Fenomena Bayar dengan Dompet Digital
Hiburan & Gaya Hidup
Pandemi Hadirkan Fenomena Bayar dengan Dompet Digital

Pembayaran dengan dompet digital meningkat

Mewarnai Memiliki Segudang Manfaat untuk Orang Dewasa
Fun
Mewarnai Memiliki Segudang Manfaat untuk Orang Dewasa

Mewarnai menjadi aktivitas penuh manfaat untuk dewasa.