Yuk, Cobain Camilan Smoothie Bowl dengan Topping Sehat Smoothie bowl bisa dinikmati dengan berbagai topping sehat. (foto: easy healthy smoothie)

TREN makanan sehat membuat banyak orang mulai sadar akan asupan yang dikonsumsi. Sejalan, pilihan camilan pun berubah. Dari camilan sehat, kini banyak yang beralih ke kudapan sehat tapi tetap mengenyangkan. Salah satu yang sedang hype ialah smoothie bowl.

Banyak orang mengira jus dan smoothies merupakan dua jenis minuman yang sama. Namun, keduanya punya tekstur yang beda. Smoothies bertekstur yang lebih kental ketimbang jus. Smoothies adalah minuman yang kaya serat yang dibuat dari buah-buahan, sayuran, oat, dan susu cair yang diblender jadi satu. Tidak hanya susu, yoghurt dan pemanis, seperti susu kental manis atau madu juga biasa ditambahkan dalam smoothies.

BACA JUGA: Manfaat Perawatan Kecantikan dari Kacang Shea

Smoothie bowl disajikan dalam beragam varian. Mulai dari bahan utama smoothies hingga aneka topping-nya. Nah, buat kamu yang ingin cobain smoothie bowl, ini bahan isian smoothie bowl yang bisa bisa kamu cicipi.


1. Buah-buahan

Tambahkan buah sesuai selera. (foto: pixabay/hevoli)

Jenis buah yang dipakai bisa kamu sesuaikan dengan selera, seperti irisan pisang, mangga, stroberi, kiwi, dan buah naga. Selain buah segar, kamu juga bisa menambahkan buah beku lo, semisal blackberry dan blueberry.


2. Kacang-kacangan

Kacang baik untuk kesehatan jantung. (foto: pixabay/explorerbob)

Banyak orang takut makan kacang-kacangan karena mengandung kalori yang cukup tinggi. Padahal jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, kacang amat bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Enggak cuma berkhasiat, kacang-kacangan juga punya rasa gurih dan renyah sehingga cocok untuk dijadikan topping smoothie bowl.

Kamu bisa pilih kacang mede, walnut, almond, pistachio, dan hazelnut utuh ataupun cincang. Pastikan kamu menanggang semua kacang-kacangan itu sebelum dijadikan topping.


3. Biji-bijian

Biji-bijian kaya protein dan serat. (foto: pixabay/ulleo)

Sama halnya dengan kacang, biji-bijian juga dapat dijadikan topping untuk smoothie bowl. Ada berbagai macam pilihan biji-bijian yang bisa dijadikan pelengkap, semisal biji chia, flaxseeds, biji labu kuning, hingga biji bunga matahari. Selain tinggi protein, biji-bijian juga kaya akan serat sehingga bermanfaat bagi tubuh kamu.

Semangkuk smoothie bowl ini memberikan kamu energi, protein, dan serat dari sumber makanan terbaik untuk sekali santap. Lengkap deh. Yuk, cobain.(dwi)

BACA JUGA: Kebanyakan Minum Air Putih Sebabkan Kematian, Kenali Tanda-Tandanya!



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH