Relationship
Yuk, Cek Apakah Hubunganmu Punya Masa Depan Hubungan itu penting, tetapi mengevaluasi kualitasnya sendiri itu rumit. (123RF/marctran)

MENGAMBIL keputusan merupakan bagian dari kehidupan. Apakah itu memilih tempat liburan, pekerjaan, pengasuh anak, atau tempat tinggal terbaik. Namun, keputusan paling penting mungkin ialah mengidentifikasi pasangan terbaikmu.

Hubungan percintaan itu penting dan memiliki implikasi bagi kesehatan, reaksi terhadap stres, dan bahkan bagaimana kamu memandang dunia. Lalu, bagaimana kamu bisa menentukan apakah pasangan saat ini ialah yang terbaik dari yang terbaik? Sulit untuk mengetahui faktor apa yang benar-benar penting dan apa yang harus diabaikan.

BACA JUGA:

Kebutuhan Dasar Universal Wajib Ada dalam Setiap Hubungan

Ada dua cara umum untuk membuat penilaian: data dan firasat. Mengandalkan firasat tidak sempurna. Namun, intuisi merupakan komponen penting dari keputusan, terutama keputusan sosial.

Mempercayai perasaan Anda sendiri terkadang diperlukan karena informasi ahli sulit diakses. Dan tentu saja, hakikat sains dan statistik adalah fokus pada apa yang paling khas dalam suatu populasi, bukan apa yang terbaik untuk satu individu.

Faktanya, beberapa ahli mengaku menggunakan intuisi sendiri. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terapis pernikahan mengakui menggunakan intuisi mereka dan menganggapnya sebagai alat yang berharga dalam pengaturan klinis.

Apa yang Membuat Hubunganmu Layak?

pacaran
Perasaan mendalam tentang hal-hal utama dapat mengukur awet tidaknya hubunganmu. (123RF/fm05)

Mungkin dengan mengingat nilai evaluasi naluriah, ahli statistik bisbol terkenal Bill James menciptakan "Daftar Keltner." Daftar ini adalah cara untuk menilai kelayakan Hall of Fame pemain bisbol, dan dinamai untuk All-Star tujuh kali dengan kualifikasi batas. Agar benar-benar layak untuk Hall, angka mungkin tidak menceritakan keseluruhan cerita; penilaian harus mendalam. Hall of Famer sejati akan jelas berdasarkan beberapa pertanyaan kunci.

James adalah seorang ahli statistik, tapi Daftar Keltner-nya sengaja tidak ilmiah. Ini adalah kumpulan 15 pertanyaan yang dapat dijawab dengan cepat oleh siapa pun untuk membantu memandu penilaian keseluruhan kelayakan pemain. (Contoh: "Apakah dia pemain terbaik di timnya?") Jawabannya tidak dimaksudkan untuk memberikan kesimpulan yang pasti, melainkan untuk memaksa pertimbangan yang cermat dari informasi yang paling penting.

Dr Gary W Lewandowski Jr, seorang pakar pernikahan dan penulis buku Stronger Than You Think mengatakan proses serupa dapat membantumu menentukan apakah pasangan romantis saat ini layak untuk dipertahankan.

"Terinspirasi oleh Daftar Keltner, saya telah menyusun daftar 15 pertanyaan untuk menyoroti apa yang paling penting. Seperti daftar James, penilaian saya sengaja tidak ilmiah dan belum diuji secara empiris," dia menjelaskan dalam artikel yang ditulisnya di Psychologytoday.com (17/7).

Dia juga berkonsultasi dengan penelitian yang ada untuk mendasarkan setiap pertanyaan dalam sains tentang apa yang berkontribusi pada hubungan yang sehat. Dia mengingatkan, daftar ini bukan tentang membantu memilih kencan atau hubungan asmara jangka pendek.

"Pertanyaan berfokus pada apa yang penting untuk cinta yang serius, jangka panjang, dan berkelanjutan. Untuk mendapatkan manfaat dari latihan ini, kamu harus jujur. Jika membohongi diri sendiri, kamu tidak akan mendapatkan masukan apa pun,” ujarnya.

Gunakanlah panduan daftar Keltner untuk mengecek hubunganmu. Pertimbangkan setiap pertanyaan dan jawab dengan jujur dengan ya atau tidak secara sederhana.

1. Apakah pasangan membuatmu menjadi orang yang lebih baik, dan apakah kamu melakukan hal yang sama untuk dia?2. Apakah kamu dan pasangan sama-sama nyaman berbagi perasaan, mengandalkan satu sama lain, dekat, dan mampu menghindari kekhawatiran tentang ditinggalkan?3. Apakah kamu dan pasangan saling menerima apa adanya, tanpa berusaha mengubah satu sama lain?4. Ketika ketidaksepakatan muncul, apakah kamu dan pasangan berkomunikasi dengan hormat dan tanpa penghinaan atau hal negatif?5. Apakah kamu dan pasangan berbagi pengambilan keputusan, kekuasaan, dan pengaruh dalam hubungan?6. Apakah pasanganmu adalah teman terbaikmu, dan apakah juga demikian bagi dia?7. Apakah kamu dan pasangan lebih banyak mengatakan 'kita' dan 'kami' daripada 'kamu' dan 'saya'?8. Apakah kamu dan pasangan akan saling percaya dengan password media sosial dan rekening bank?9. Apakah kamu dan pasangan memiliki pendapat yang baik satu sama lain, tanpa memiliki pandangan positif yang berlebihan?10. Apakah teman dekatmu, serta pasangan, berpikir kalian memiliki hubungan yang akan bertahan lama?11. Apakah hubungan kamu bebas dari tanda bahaya seperti perselingkuhan, kecemburuan, dan perilaku mengendalikan?12. Apakah kamu dan pasangan memiliki nilai yang sama dalam hal politik, agama, pentingnya pernikahan, keinginan untuk memiliki anak (atau tidak) dan bagaimana menjadi orangtua?13. Apakah kamu dan pasangan rela mengorbankan kebutuhan, keinginan, dan tujuan masing-masing (tanpa menjadi terus-menerus dimanfaatkan)?14. Apakah kamu dan pasangan memiliki kepribadian yang menyenangkan dan stabil secara emosional?15. Apakah kamu dan pasangan cocok secara seksual?

Menafsirkan Jawaban

pacaran
Ada 15 pertanyaan berdasarkan ilmu hubungan, fokus pada hal-hal utama. (123RF/rido)

Pada titik ini, kamu mungkin tergoda untuk menghitung jawaban dari daftar tersebut. Namun, kalau kamu suka sistem penilaian definitif di mana pasangan dengan setidaknya 12 dari 15 'perlu dipertahankan', itu bukan tujuannya.

"Hubungan itu kompleks. Setiap upaya untuk mendapatkan jawaban yang mudah pasti merupakan penyederhanaan yang berlebihan. Pertanyaan-pertanyaan ini dimaksudkan untuk menjadi panduan mandiri melalui apa yang diketahui dalam hubungan dan yang penting dalam hubungan yang memiliki masa depan," Lewandowski menjelaskan.

Dengan kata lain, jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan adalah 'ya' yang cepat, pasti, dan tanpa syarat. Jika ada pertanyaan yang memberi Anda jeda atau mengarah ke jawaban 'tidak' yang jelas, itu adalah area yang memerlukan perhatian dan perbaikan.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kolaborasi Apik Isyana Sarasvati x Deadsquad Jadi Terobosan Epik
ShowBiz
Kolaborasi Apik Isyana Sarasvati x Deadsquad Jadi Terobosan Epik

Kedua artis berhasil hadirkan penampilan epik lewat musik yang ditampilkan di IDGAF 2021.

Kolaborasi TWICE dan K/DA Rilis pada November 2020
ShowBiz
Kolaborasi TWICE dan K/DA Rilis pada November 2020

Riot Game menggandeng TWICE berkolaborasi dengan K/DA pada akhir November 2020.

Tetap Nyaman Pakai High Heels
Fashion
Tetap Nyaman Pakai High Heels

High heels menjadi salah satu sepatu kegemaran banyak perempuan.

Santuy Aja, Hadapi Mulut Julid Kerabat saat Lebaran
Fun
Santuy Aja, Hadapi Mulut Julid Kerabat saat Lebaran

Maafkan mereka yang julid saat silaturahim Lebaran.

Chris Brown Umumkan Kolaborasi dengan Drake
ShowBiz
Chris Brown Umumkan Kolaborasi dengan Drake

Padahal keduanya sempat musuhan.

Makan Tepat sebelum dan sesudah Vaksinasi COVID-19
Hiburan & Gaya Hidup
Makan Tepat sebelum dan sesudah Vaksinasi COVID-19

Bagi kamu yang masih menunggu giliran untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Ladies, Ini 4 Inspirasi OOTD yang Enggak Ngebosenin untuk Silaturahmi Virtual
Fashion
‘Raya and the Last Dragon’ Rajai Box Office Selama 3 Pekan
Fun
‘Raya and the Last Dragon’ Rajai Box Office Selama 3 Pekan

Jadi salah satu rekomendasi film keluarga.

Google Luncurkan Aplikasi Bantu Operasional Pilot Drone
Fun
Tren Fesyen Masker, Tak Lagi Sekadar Kebutuhan Kesehatan
Fun
Tren Fesyen Masker, Tak Lagi Sekadar Kebutuhan Kesehatan

Yang terpenting tetap mengenakan masker kain.