Yuk Bikin Donat Jeli Stroberi Limun untuk Si Kecil

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Sabtu, 10 September 2016
Yuk Bikin Donat Jeli Stroberi Limun untuk Si Kecil
(Foto: Instagram @Tastemadeindonesia)

MerahPutih Kuliner - Donat tidak hanya disukai oleh anak-anak tetapi juga semua kalangan. Rasanya yang lebut dengan berbagai varian rasa di dalamnya yang membuat camilan satu ini terasa sangat nikmat dan mengenyangkan.

Berikan Donat jeli untuk si kecil dengan selai stroberi dan dadih lemon yang pastinya akan disukai buah hati Anda di rumah. cara membuatnya juga sangat mudah loh, Anda bisa melihat video berikut seperti yang dikutip dari tastemadeindonesia atau resep dibawah ini.

Bahan untuk 20-30 buah donat kecil :

2 sdm ragi kering aktif
1/2 gelas air hangat
1 sdt gula pasir
2 1/2 gelas tepung terigu
2 buah telur ukuran besar
1/4 gelas gula pasir
2 sdm mentega tawar, suhu ruangan
2 sdt garam
Minyak canola, untuk menggoreng
Selai stroberi
Dadih lemon
Gula halus

Cara membuat :

1. Gabungkan ragi, air, dan 1 sdt gula ke dalam mangkuk dan diamkan selama 10 menit.
2. Masukan terigu ke dalam mangkuk ukuran besar dan tambahkan telur, campuran ragi, 1/4 gelas gula, mentega dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
3. Pindahkan ke permukaan yang telah ditaburi tepung dan adoni selama 8 menit, hingga adonan halus dan kenyal. Pindahkan ke dalam mangkuk yang telah diminyaki dan tutup dengan plastic pembungkus. Tempatkan di area yang hangat dan biarkan mengembang 2 kali lebih besar, selama 1 jam.
4. Gulingkan adonan ke permukaan yang telah ditepungi dan gulingkan hingga setebal ¼-inci. Menggunakan pemotong kue bulat ukuran 2 inci, potong 20-30 lingkaran. Pindahkan ke kertas roti yang telah ditepungi dan tutup dengan plastik pembungkus. Biarkan mengembang selama 20 menit..
5. Tuangkan minyak ke dalam panic berukuran besar dan panaskan menggunakan termometer hingga mencapai 370F. Goreng beberapa donat bersamaan, masak selama 30-40 detik pada masing-masing sisi. Pindahkan ke rak kawat untuk mendinginkan dan mengeringkan sisa minyak.
6. Buat bolongan disamping donat dengan sumpit. Masukan selai stroberi dan dadih lemon ke dalam piping bag dan isi donat dengan kedua isian.
7. Tempatkan gula halus kedalam mangkuk dan masukan donat satu persatu, gerakan mangkuk hingga semua sisi donat terlapisi dengan gulas halus.

BACA JUGA:

  1. Resep Nasi Kuning Bali Enak Buatan Rumah
  2. Resep Tumis Bunga Pepaya Khas Manado
  3. Resep Soto Padang Asli Enak Buatan Rumah
  4. Resep Bolu Kukus Mekar Enak
  5. Resep Legendaris Sambal Roa Khas Manado
#Kuliner Indonesia #Kue Donat #Resep Kue #Camilan
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan