Yuk, Berhenti Minum Alkohol untuk Resolusi Tahun Baru Jangan minum alkohol lagi setelah tahun baru (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

MUNGKIN kamu sudah terlalu berketergantungan dengan minuman beralkohol selama ini. Dalam sehari bisa dua sampai tiga botol. Pokoknya rasanya ada yang kurang kalau belum menenggak minuman beralkohol. Lalu apakah kamu masih tetap menjalani kebiasaan buruk ini?

Memang, berat rasanya untuk berhenti dari kecanduan alkohol. Tapi kamu harus bisa melawannya, karena alkohol dapat merusak kesehatan kamu. Oleh karena itu, jadikan berhenti minum alkohol sebagai resolusi tahun baru 2019 nanti.

Seperti yang dilansir dari Men's Health, ini yang akan terjadi terhadap tubuh kamu jika kamu berhenti dari kecanduan alkohol menurut Damon Raskin, M.D., seorang dokter yang berbasis di Los Angeles yang memiliki sertifikasi papan dalam mengatasi kecanduan.

1. Kamu akan berhenti makan malam berlebihan, sehingga kamu enggak akan obesitas

Alkohol dapat meningkatkan nafsu makan berlebihan (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, alkohol ialah salah satu pendorong nafsu makan terbesar. Para peneliti menemukan bahwa ketika orang menerima "infus" alkohol sama dengan sekitar dua minuman, mereka akan makan 30% lebih banyak daripada mereka yang menerima larutan garam.

Bahkan keracunan ringan karena alkohol dapat meningkatkan aktivitas otak kamu di hipotalamus. Dampaknya akan membuat kamu lebih sensitif terhadap bau makanan dan mendorong nafsu makan kamu lebih banyak lagi.

2. Kulit menjadi lebih cerah, dan menghilangkan masalah penampilan lainnya

Kulit lebih terhidrasi (Foto: Pixabay/Pexels)

Alkohol bersifat diuretik, menyebabkan kamu buang air kecil lebih banyak. Produksi hormon antidiuretik tubuh, yang membantu tubuh menyerap kembali air juga akan berkurang karena alkohol yang kamu konsumsi.

Setelah kamu berhenti mengonsumsi alkohol kulit akan terlihat lebih cerah karena terhidrasi dengan baik. Masalah perawatan tubuh lainnya seperti banyak ketombe, keriput pada wajah juga akan menghilang setelah kamu meninggalkan alkohol.

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH