Yuk, Berbuka Sambil Menikmati Seni Budaya Islam di Masjid Istiqlal Masjid Istiqlal Jakarta (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

MerahPutih - Berbagai kegiatan akan digelar di Mesjid Istiqlal, Jakarta pusat, dalam meramaikan Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriah. Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Jakarta menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) membuat acara Ifthor Budaya.

Acara Ifthor ini akan digelar selama empat hari dari tanggal 24 Mei sampai 28 Mei 2018 di Mesjid Istiqlal. Tema yang diangkat "Kearifan Lokal Sebagai Perajut Keberagaman".

"Dalam acara Ifthor Budaya ada kegiatan Seminar, Pameran, penampilan seni budaya islam, dan bukber (Buka Bersama)," kata Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dihubungi Merahputih.com, Rabu (16/5).

istiqlal
Para peserta kontes Putri Muslimah Asia 2018 menyimak penjelasan petugas saat mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (3/5). ANTARA FOTO/Suwandy

Acara pameran Ifthor Budaya nantinya bertajuk soal Kearifan Lokal Sebagai Perajut Keberagaman. Kegiatan ini dilaksanakan 24-28 Mei 2018, yang akan dibuka pengelola Istiqlal dari pagi sampai malam hari. "Kalau seni budaya islam sebelum buka puasa lah. Sebelum bukber itu cocok melihat seni Islam. Kalau sampai malam enggak," tutur Abu.

Sementara itu, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud RI, Najmuddin Ramly menjelaskan dalam acara Ifthor ini juga nantinya akan disisipkan kegiatan diskusi kelompok.

Bersih masjid Istiqlal
Bersih-bersih di Masjid Istiqlal. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Diskusi itu mengenai tiga tokoh Islam nasional yaitu K. H. Ahmad Dahlan, Hasyim Asy'ari, dan M. Natsir pada 24 Mei 2018. "Dan diskusi kelompok tentang masjid bersejarah di Indonesia pada 28 Mei 2018," jelasnya.

Pameran yang akan dipertontonkan di Mesjid Istiqlal itu berasal dari Asosiasi Wali Songo. Di sela-sela kegiatan Mesjid Istiqlal juga bakal menyediakan santapan makanan bagi masyarakat yang ingin berbuka puasa. (Asp)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH