Yuk Belanja Cerdas #DiRumahAja! Belanja harus cerdas walau dari rumah (Foto: Pexels/Pixabay)

#DiRumahAja tidak menjadi penghalang untuk berbelanja. Kamu bisa mengandalkan belanja online menggunakan e-commerce. Analytics Data Advertising (ADA) menyebut semenjak adanya pandemi COVID-19, penggunaan aplikasi belanja online (e-commerce) meningkat hingga 300 persen.

Namun, jangan sampai kamu terlalu asyik belanja tapi malah lupa menabung. Kamu harus tetap belanja cerdas selama #DiRumahAja. Bagaimana caranya? Menurut rilis yang diterima merahputih.com, PermataBank membagikan tipsnya seperti berikut ini:

Baca juga:

#DiRumahAja, Yuk Olahraga Virtual

1. Berpikir dua kali sebelum membeli

Sesuai dengan budget atau tidak? (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Apakah barang tersebut sesuai dengan budget? Seberapa penting pemakaiannya selama masa pandemi ini? Tentunya kamu harus penuh pertimbangan dihadapi dengan berbagai opsi yang tersedia. Jadi kalau tidak penting-penting banget, sebaiknya tidak perlu dibeli dulu barangnya.

2. Membuat daftar prioritas sebelum e-commerce hunting

Bandingkan dengan e-commerce lainnya (Foto: Pexels/picjumbo.com)

Salah satu cara belanja tepat adalah membuat daftar belanja dan membandingkannya dengan berbagai pilihan e-commerce terpercaya. Kalau ada yang lebih murah, kenapa harus membeli yang lebih mahal bukan?

Baca juga:

#DiRumahAja, Spa Di Rumah Yuk!

3. Berbelanja dengan budget yang telah disisihkan

Belanja dengan budget yang sudah kamu siapkan (Foto: Pexels/cottonbro)

Disiplin terhadap uang yang kamu tabung merupakan salah satu kunci mandiri secara finansial. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk memiliki budget belanja e-commerce yang telah disisihkan dari tabungan pribadi. Memilih tabungan yang terpercaya dan mendukung gaya hidup kekinian menjadi pertimbangan utama.

4. Rajin mengikuti promo dan diskon dari e-commerce pilihan

Hati-hati terhadap diskon yang menggiurkan (Foto: Pexels/PhotoMIX Ltd.)

Beragam promosi dan diskon yang diberikan selama masa #RamadanDiRumahAja tentunya akan menggiurkan. Namun, kamu harus lebih bijak dalam memilih keuntungan yang diberikan oleh tabungan. Salah satu contohnya adalah promo cashback 20% yang diberikan oleh kartu debit PermataME ketika berbelanja di rekan e-commerce terpilih.

"PermataBank memahami kondisi saat ini di mana kita dibatasi untuk berbelanja secara langsung dan mengurangi transaksi tunai," ujar Djumariah Tenteram selaku Director of Retail Banking PermataBank. (ikh)

Baca juga:

Ingin Tetap Sehat Saat #DiRumahAja? Ini Tipsnya

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH