Yu Sheng Menu Bertuah Saat Menyambut Tahun Baru Imlek Yu Sheng. (Sassysingapore)

TAHUN Baru Imlek, menjadi moment penting bagi masyarakat Tionghoa. Chúxi atau malam pergantian tahun China kali ini, jatuh pada 15 Februari mendatang. Selanjutnya, Imlek akan dipungkas dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas pada saat bulan purnama.

Ada beragam tradisi yang mengandung makna berkah di malam Imlek. salah satunya perjamuan makan malam. Di Tahun Anjing Tanah 2569, Harris Hotel & Convention Festival Citylink yang berlokasi di Jalan Pera, Bandung mempersiapkan varian hidangan yang bermakna doa dan keberuntungan.

Menikmati santap malam di malam Imlek, jangan lewatkan ritual yu sheng. Olahan ini bergenre appetizer atau salad yang berisi ikan dan aneka sayuran yang berwarna memikat. Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, yu sheng bermuatan mantra atau doa terbaik saat menyongsong tahun baru.

"Saat memulai bersantap, yu sheng diaduk sambil mengucapkan gong xi facai, wanshi ruyi, nian man youyu. Maknanya, semoga selalu sehat, semoga keinginan selalu tercapai, semoga rejeki selalu berlimpah tahun ini. Siapa yang paling tinggi mengaduk dan mengangkat, konon rejekinya paling moncer," ujar Food and Beverage Manager Harris Hotel Festival Citylink, Mulia Aji.

Sama halnya dengan yu sheng, menu wajib yang berfilosofi keberuntungan juga ada pada ikan. Kali ini Harris menghadirkan ikan malas yang hanya dimasak dengan cara dikukus. Bumbunya pun tergolong sederhana. Sang chef beranggapan, ikan malas akan terasa citarasa aslinya saat dibumbui dengan marinasi sederhana.

"Ikan malas memiliki makna baik yang berhubungan dengan kemakmuran, rejeki dan keberuntungan. Untuk merasakan rasanya yang autentik ikan cukup dikukus," jelas Executive Chef Harris & Pop! Hotel Festival Citylink, Ansori.

Tak hanya menu utama, pada menu dessert Harris juga menghadirkan pudding dengan bentuk menyerupai ikan koi. Selain dibuat pudding, biasanya Imlek lekat dengan dodol khas Tiongkok yang berbentuk ikan. Sebagai pelengkap, ditambahkan saus fla yang rasanya legit di lidah.

Hangatnya kebersamaan di malam Imlek memang tak luput dari round table yang di dalamnya berisi aneka menu khas. Sebut saja Eight Treasure of Chinese Legend, yang terdiri dari menu char siu chicken, beef shank, ginger chicken, century egg, jelly fish, cutie fish ball, bread prawn tail, dan crysp mushroom.

"Jangan lewatkan juga kehadiran nasi yang diracik dengan telur asin. Rasanya sangat gurih dan pas dipadukan dengan koleksi Eight Treasure of Chinese Legend," bebernya.

Santap malam Imlek istimewa di Harris Festival Citylink, diusung dalam dua pilihan jitu. Gala dinner tersebut terdiri dari golden giok yang dibanderol Rp6.088.888 net/meja dan red giok dibanderol Rp 4.588.888 net/meja. Setiap pilihan dapat dinikmati 10 orang dalam satu meja. Namun jika ingin datang kurang dari 10, paket gala dinner dipatok Rp498.000/orang. (*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Yugie Prasetyo, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH