YPKP65 Temukan Pesantren di Area Kuburan Massal Pembantaian 1965 Ketua YPKP65 Bedjo Untung. (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan 65 (YPKP65) menemukan sebuah pesantren yang berdiri di atas lahan kuburan simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI). Diduga kuat hal itu sengaja dilakukan untuk menutupi jejak pembantaian massal.

Ketua YPKP65 Bedjo Untung melaporkan temuan 16 titik kuburan massal baru korban pembantaian 65 di wilayah Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Bedjo telah mendatangi lokasi dan melakukan interaksi langsung dengan warga sekitar untuk membuktikan penemuan tersebut.

"Dua minggu yang lalu, menemukan 16 titik, saya datangi langsung bertemu saksi mata, korban dan juga banser, dia tahu persis, ini 2 ribu orang, nggak main-main ada di Waduk Simo, Grogolan," kata Bedjo seusai melaporkan temuannya tersebut ke Komnas HAM, Jalan Latuharhary No 4B, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/11).

Menindaklanjuti temuan, kata dia, YPKP65 belum melakukan tahap validasi lapangan seperti penggalian kuburan atau mematok langsung lokasi persisnya.

"Masih hutan, tapi ada juga yang sudah didirikan pesantren," ujarnya.

Dia menduga, lokasi berdirinya pesantren sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jejak pembantaian. Untuk itu, dia berharap Komnas HAM turut menjaga dan melindungi bukti kelam Tragedi '65.

"Saya minta Komnas HAM untuk menjaga, merawat, agar tidak merusak (kuburan massal). Ada oknum-oknum yang mau menghilangkan jejak, sebab sudah ada yang dibangun pesantren," tandasnya.

YPKP65 melaporkan temuan 16 titik kuburan massa orang-orang yang dituduh simpatisan atau anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

Adapun 16 titik temuan tersebut di antaranya Kali Ganjing Kec. Purwodadi, Kali Glugu Kec. Palu Kulon, Pesantren Kali Aren; Jati Pohon Kec. Grobogan, Bui Jati Pohon Kamp Takhrin (bukan Kuburan massal tapi tempat transit menuju eksekusi), Jembatan Bandang; Kali Rejo, Wiro Sari, Grobogan kiri dan kanan jalan, Waduk Simo; Kradenan.

Kemudian ada juga di Pasar Kuwu Kradenan Kamp Tapol, Waduk Langon; Kradenan, Sendang Tapak; Jalinan Ngrimpi, Tawang Harjo, Pangkrengan; Tawang Harjo (Km12 Purwodadi dan KM 73 Semarang Purwodadi) Grogolan eks Rel PJKA, Daplang; selokan tepi jalan raya Purwodadi Semarang, Tego Wanu (Jembatan Rowo Tego Wanu), Hutan Monggot; Grobogan (korban lebih dari 2.000 orang), Kedungjati; Grobogan, Hutan Sanggarahan; KPH Gundi, dan Mojo Legi; Kec. Toroh. (Fdi)

Baca juga berita lainnya terkait pembantaian massal PKI di: Arsip Rahasia AS Seputar Pembunuhan Massal 1965 Resmi Dibuka

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH