YouTube Blokir Youtuber Ini Karena Sering 'Julid' seorang youtuber ternama di ban permanen oleh YouTube (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

KAMU memang tidak boleh julid sobat Merah Putih. Ya, kamu tidak berhak memberikan kritik pedas atau nyinyir kepada orang lain. Kritik itu harus yang membangun. YouTube saja tidak suka punya pengguna yang julid.

Belum lama ini nih, jagat maya tengah dihebohkan karena seorang Youtuber populer bernama Calvin Lee Vail. Gara-gara sering julid terhadap Youtuber lainnya, ia diblokir permanen oleh YouTube.

Baca juga:

Microsoft Word Kini Bisa Transkrip Percakapan di Web

Melansir The Verge, Youtuber dengan channel YouTube LeafyIsHere memang sudah lama dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Konten Channel YouTubenya sebenarnya bermanfaat. Ia mengomentari game-game terbaru.

Namun, Vail sering banget menggunakan kata-kata kotor pada kontennya itu. Tak jarang pula kata-kata tersebut ia lontarkan untuk melecehkan YouTuber lainnya. Terutama terhadap Youtuber yang tidak ia sukai.

Calvin Lee Vail di ban permanen YouTube (Foto: the verge)

Kendati banyak menuai kritikan, Vail tak lantas kapok. Bahkan followersnya masih tetap banyak dan cukup fantastis. Vail kabarnya memiliki 4,9 juta subscriber.

Lantaran ulahnya dalam menjelekkan seseorang, dalam 90 hari terakhir Vail sudah tiga kali melakukan pelanggaran aturan YouTube. Akhirnya, pihak platform berbagi video itu memutuskan untuk memblokir Vail.

"Kami memiliki kebijakan ketat tentang larangan pelecehan di YouTube, dan kami akan menghapus konten yang melanggar aturan kami. Channel yang berulang kali melanggar kebijakan kami akan diakhiri," ujar juru bicara YouTube.

Baca juga:

Google Maps akan Hadirkan Desain Baru yang Lebih Detail

Sudah sejak tahun lalu YouTube memang memperketat pencegahan konten-konten pelecehan dan sejenisnya. Hal tersebut usai CEO YouTube, Susan Wojcicki mengakui perusahaanya perlu memberlakukan sebuah kebijakan baru.

YouTube memperketat kebijakan soal konten yang melanggar aturan (Foto: pixabay/tymonozyblewski)

Aturan baru YouTube sendiri sudah sangat berbeda dari sebelumnya. Saat ini YouTube secara spesifik menargetkan memblokir Youtuber yang menggunakan platform mereka untuk menyerang konten kreator atau Youtuber lainnya. Sebelumnya, fenomena tersebut cukup umum namun tak berujung penghapusan atau pemblokiran.

Kebijakan YouTube agar para Youtuber lebih bijak dalam menggunakan platformnya pun mendapat sambutan baik. Meski begitu, tetap ada saja yang mengkritik dan khawatir YouTube bisa saja bertindak semena-mena dalam memutuskan untuk memblokir atau menutup sebuah akun. (ryn)

Baca Juga:

September, Facebook akan Hilangkan Desain Lama secara Permanen

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH