Teknologi

YouTube Tweens and Teens, Platform Video Aman bagi Pengguna Remaja

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 26 Februari 2021
YouTube Tweens and Teens, Platform Video Aman bagi Pengguna Remaja
Youtube akan minimalisasi penayangan konten sensitif dengan menciptakan akun pengawasan. (Foto: TechCrunch)

SETELAH menghadirkan platform YouTube Kids bagi anak-anak usia dini, YouTube mengembangkan fitur baru lainnya, yakni fitur pengawasan untuk anak remaja. Seiring dengan meningkatnya penonton usia dini, para orangtua khawatir akan aktivitas putra-putri mereka di media sosial. Para orangtua khawatir anak-anak melihat tayangan yang tidak sesuai usia.

Saat melihat hal itu, YouTube mencari solusi. Meski demikian, YouTube Kids disadari terlalu membatasi untuk anak-anak yang lebih tua. Namun, pada saat yang sama, YouTube terlalu terbuka bagi para remaja yang mengakses platform mereka. Oleh karena itu, pihak YouTube memperkenalkan opsi ketiga untuk para orangtua dan remaja kisaran umur 10-14 tahun, yaitu YouTube Tweens and Teens.

BACA JUGA:

Chatbot Meningkatan Customer Experience


Direktur Manajemen dan Produk, Anak dan Keluarga di YouTube James Beser menjelaskan kepada Mashable bahwa pihaknya telah mendengar dari para orangtua dan anak bahwa remaja memiliki kebutuhan yang berbeda. "Itu tidak sepenuhnya di penuhi oleh produk kami," ujarnya.

Beser mengamini bahwa saat tumbuh besar, anak-anak mempunyai rasa keingintahuan yang sangat besar dan kebutuhan untuk memperoleh kemerdekaan serta menemukan cara baru untuk belajar, berkreasi, dan berimajinasi.

youtube
Youtube desain platform untuk remaja. (Tech Savvy Mama)

Dengan bekerja bersama orangtua dan pakar, YouTube mengembangkan konsep akun pengawasan untuk para remaja. Akun tersebut menawarkan setelan konten untuk tiga tingkat, yakni jelajahi, jelajahi lebih jauh, dan sebagian besar dari isi YouTube. Panduan umumnya ialah jelajahi untuk usia 9 tahun ke atas, jelajahi lebih jauh 13 tahun ke atas, dan sebagian besar dari isi Youtube menawarkan akses ke segala hal kecuali konten dengan batasan usia. Tak hanya itu, topik sensitif juga dipertimbangkan untuk kesesuaian bagi usia remaja yang lebih tua.

youtube
Beberapa penawaran yang diberikan oleh Youtube mengenai akun pengawasan. (9 to 5 Google)

Pendekatan baru dan progesif ini memungkinkan orangtua meningkatkan kemampuan dari YouTube Kids dengan melalui tiga level. Tentnuya melalui akun yang akan mengawasi sesuai keinginan mereka sebelum menghapus batasan sepenuhnya. Khususnya hal tersebut memang bertujuan untuk perkembangan anak yang beranjak dewasa dengan baik.
Untuk saat ini, akun yang diawasi ditawarkan dalam versi beta awal untuk keluarga di bawah usia legal. Setelah timbal balik dari YouTube, nantinya pihak perusahaan akan membantu menyempurnakan fitur sebelum meluasnya konten-konten yang sensitif bagi anak.(jod)

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan