YouTube Tingkatkan Sistem Pendeteksi Spam Komentar dan Bot

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 14 Desember 2022
YouTube Tingkatkan Sistem Pendeteksi Spam Komentar dan Bot
Spam Komentar dan obrolan telah menjadi masalah sejak lama. (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)

MESKIPUN YouTube telah melakukan beberapa perubahan luar biasa di 2022, ada beberapa masalah terus-menerus yang mengganggu platform ini selama beberapa waktu. Mungkin salah satu masalah yang paling banyak dilaporkan oleh YouTuber besar maupun kecil, bahkan penonton yang menonton konten di situs web, adalah spam di kolom komentar.

Mengutip XDA-Developers, Rabu (14/12), meskipun YouTube telah mencoba mengatasi masalah ini di masa lalu, spam masih menjadi masalah besar. Platform tersebut telah merespons permasalahan ini dalam sebuah unggahan di halaman komunitasnya, menjelaskan situasi saat ini, dan berusaha menciptakan alat untuk menjadi solusi yang diharapkan dapat mencegah masalah tersebut.

Baca juga:

YouTube Sertakan Watermark pada Video Shorts yang Diunduh

YouTube Tingkatkan Sistem Pendeteksi Spam Komentar dan Bot
Youtube telah melakukan beberapa upaya untuk menangani masalah tersebut. (Foto: Unsplash/Nordwood Themes)

Pertama dan terpenting, YouTube telah berupaya meningkatkan sistem pendeteksi otomatis untuk mengidentifikasi dengan lebih baik dan menghapus spam. Pada paruh pertama 2022 saja, sistem tersebut telah berhasil menghapus lebih dari satu miliar komentar spam, dan sistem deteksi otomatis terus berkembang dari waktu ke waktu untuk menghapus lebih banyak lagi.

Selain itu, perusahaan juga telah meningkatkan upaya pendeteksi bot dalam obrolan, dan ini akan membantu pengalaman pengguna ke depannya.

Pengguna yang terus melanggar pedoman komunitas kini akan menerima peringatan saat komentarnya dihapus. Jika pengguna terus melanggar pedoman komunitas dengan obrolan atau komentar yang tidak sesuai, akun mereka akan diblokir sementara dari mengunggah apapun. Akun yang melanggar akan diblokir selama 24 jam.

Untuk saat ini, sistem pendeteksi tersebut hanya tersedia untuk komentar berbahasa Inggris, tetapi YouTube mengatakan bahwa ke depannya sistem ini akan dikembangkan ke berbagai bahasa.

Baca juga:

Fitur Youtube Health Hadirkan Informasi Kesehatan Kredibel

YouTube Tingkatkan Sistem Pendeteksi Spam Komentar dan Bot
YouTube Perkenalkan fitur perkiraan waktu pemrosesan video setelah diunggah. (Foto: Twitter/TeamYouTube)

Selain pembaruan spam komentar dan obrolan, YouTube juga memperkenalkan fitur perkiraan waktu untuk video yang tengah diproses untuk ditayangkan di platform itu. Perusahaan itu mengumumkan di Twitter bahwa ke depannya, para kreator di youtube dapat melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pemrosesan video setelah diunggah.

YouTube akan menunjukkan kepada kreator berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproses definisi standar, definisi tinggi, dan video 4K. Ini harus menjadi perubahan yang sangat disambut baik bagi pembuat konten di masa mendatang, karena dengan adanya fitur ini kreator dapat menentukan waktu yang tepat untuk menayangkan video mereka. (kna)

Baca juga:

Primetime Channels, Layanan TV Streaming dari YouTube

#YouTube
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan