YouTube Siap Luncurkan Shorts Pesaing TikTok YouTube siap luncurkan 'Shorts' (Foto: Pexels/freestock.org)

DI tengah nasib TikTok di AS yang masih terombang ambing, YouTube mengumumkan peluncuran experience video pendek baru yang dinamakan YouTube Shorts.

Fitur itu nantinya akan diluncurkan di India. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah video berdurasi pendek, 15 detik atau kurang. Dengan menggunakan seperangkat alat pembuat baru, seperti kamera multi-sgmen, kontrol kecepatan, dan pengatur waktu serta fitur hitungan mundur.

Baca Juga:

ByteDance Jual TikTok ke AS tanpa Algoritma?

Video tersebut bisa direkam dengan musik, berkat akses YouTube ke perpustakaan besar lagu, seperti yang dilansir dari laman Tech Crunch.

Shorts akan menghadirkan berbagai tools menarik (Foto: YouTube)

Kamera multi-segmen memungkinkan pengguna merangkai beberapa klip video menjadi satu klip pendek. Sementara itu kontrol lainnya adalah memungkinkan YouTuber menjadi lebih kreatif, dibanding bila mereka hanya menekan tombol rekam.

Ini merupakan alat yang umum untuk pengalaman perekam video TikTok saat ini. Fitur yang mirip, yang baru-baru ini dikloning oleh Instagram Reels, yang juga merupakan saingan TikTok.

Fitur tersebut akan dihadirkan dengan jelas dalam aplikasi YouTube di Android. Kemudian akan diperluas ke iOS dalam waktu dekat.

YouTube mengatakan India merupakan pasar besar, di mana TikTok milik Tiongkok sudah dilarang. Karena itu, India akan menjadi yang pertama mendapat akses ke YouTube Shorts. Rencananya nanti fitur itu akan dihadirkan ke lebih banyak pasar, tapi YouTube belum mengumumkan kapan waktunya.

Baca Juga:

5 Tarian TikTok yang Viral di Sosial Media, Cocok untuk Seru-Seruan!

Terkait fitur tersebut, YouTube akan memperkenalkan pengalaman menonton baru. Yakni memungkinkan kamu menonton YouTube secara vertikal, seperti TikTok.

Shorts akan diluncurkan di India dalam beberapa hari kedepan (Foto: YouTube)

Perusahaan telah menambahkan di beranda YouTube untuk menonton video pendek. Sekarang pengalaman menonton akan mempermudah untuk menonton konten tersebut, serta menemukan video pendek baru juga.

YouTube Shorts akan menampilkan ratusan ribu lagu dari mitra seperti T-Series dan Belive Digital. Selain itu, YouTube pun bekerja sama dengan artis musik, label dan penerbit untuk membuat lebih banyak konten mereka tersedia di katalog YouTube Shorts.

YouTube mengatakan fitur baru itu akan diluncurkan di India dalam beberapa hari ke depan. Ini menandakan YouTube Shorts sebagai tes yang ingin dipelajari, dengan tujuan memperluas akses dan meningkatkan produk dari waktu ke waktu. (Ryn)

Baca Juga:

Diputar Dimana-mana, 5 Lagu TikTok Ini Selalu Terngiang di Kepala

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala