YouTube Shorts Beroleh 1,5 Miliar Pengguna Aktif Bulanan

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Kamis, 16 Juni 2022
YouTube Shorts Beroleh 1,5 Miliar Pengguna Aktif Bulanan
YouTube Shorts adalah platform berbagi video berdurasi pendek seperti TikTok. (Foto: YouTube)

YOUTUBE short kini tak lagi sepi peminat. Meski di awal kemunculannya tak banyak orang tertarik, Short kini mengalami kenaikan pengguna cukup signifikan.

Seperti dilaporkan TechCrunch, Youtube telah mengungkapkan Shorts sekarang memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna bulanan aktif.

Baca juga:

Saingi TikTok, YouTube Shorts Kini Hadir di 100 Negara

Sebagai perbandingan, saingan mereka TikTok, telah mengumpulkan 1 miliar pengguna bulanan pada September 2021.

Format short-form, seperti dilansir dari Engadget, tampaknya telah membantu Youtube dalam mendapatkan vidio lebih konvensional. Google mengatakan saluran memposting video pendek mengalami peningkatan pertumbuhan pelanggan dan waktu tonton lebih banyak daripada pembuat konten hanya mengunggah klip panjang.

YouTube Uji Coba Iklan dalam Bentuk Shorts
YouTube telah melakukan uji coba iklan terbatas di Shorts.(Foto: Unsplash/Christian Wiediger)

YouTube juga melihat tren tersebut sebagai cerminan keinginan penonton zaman sekarang atau kecenderungan untuk menonton berbagai konten pada waktu dan tempat berbeda. Penonton mungkin ingin menonton vidio berdurasi pendek selama perjalanan, tetapi video lebih panjang biasanya akan ditonton selama waktu istirahat dan waktu lenggang.

Baca juga:

YouTube akan Hilangkan Fitur Berbagi Video Negatif

Statistik jumlah pengguna tersebut jelas dimaksudkan untuk memposisikan Shorts sebagai kompetitor serius untuk TikTok dan Instagram Stories. Statistik tersebut juga dapat menarik pembuat konten nan semula tidak yakin Shorts dapat membantu mereka menghasilkan uang.

Kini, persaingan antar-platform semakin memanas. Instagram sudah memiliki opsi untuk menonton video lebih panjang, sementara TikTok baru-baru ini memperpanjang durasi maksimumnya menjadi 10 menit.

YouTube Uji Coba Iklan dalam Bentuk Shorts
Belum ada yang menemukan cara terbaik untuk memonetisasi video pendek, termasuk YouTube Shorts. (Foto: Unsplash/Szabo Viktor)

Youtube menjadikan Shorts sebagai cara meningkatkan karya berdurasi panjang untuk para pembuat konten, sementara Instagram dan TikTok memperlakukan video berdurasi panjang sebagai opsi tambahan untuk para bintang media sosial dalam membuat konten.

YouTube juga tidak selalu bertekad untuk mengungguli penantang di setiap platform. YouTube nampaknya hanya ingin menunjukkan Shorts cukup populer untuk membantu saluran berkembang. (Ref)

Baca juga:

Youtube Tawarkan Ide untuk Keamanan NFT

#YouTube #Youtuber #Teknologi
Bagikan
Bagikan