YouTube Kids Siap Jaga Anak dari Tayangan Negatif

Fadhli Fadhli - Senin, 02 Maret 2015
YouTube Kids Siap Jaga Anak dari Tayangan Negatif
Google membatasi anak-anak dalam mengakses pengaturan aplikasi ini. (Foto: Google Play)

MerahPutih Teknologi - Google telah resmi merilis YouTube Kids melalui Google di Play Store. Dengan begitu, aplikasi dengan tampilan sederhana ini telah siap untuk memberikan para orangtua kemudahan menjaga anak dari tayangan yang tidak sesuai. Aplikasi ini juga memudahkan orangtua menyajikan tayangan bermutu bagi sang buah hati.

Saat awal penggunaannya, aplikasi berukuran 35MB ini akan mengarahkan anda ke pengaturan aplikasi, yang bertujuan untuk mengatur opsi-opsi tertentu sesuai keinginan orangtua atas tayangan yang pantas bagi anak. (Baca: Twitter: Upload Video Langsung Tanpa Link Youtube)

Aplikasi yang dapat dijalankan pada Android 4.1 keatas ini menyajikan menu utama yang telah diatur oleh Google menurut kategori-kategori, yaitu Shows, Music, Learning, dan Explore. Hal ini memudahkan orangtua dan anak dalam memilih video yang ingin disaksikan. (Baca: Google Meluncurkan YouTube Khusus Tiongkok)

Google membatasi anak-anak dalam mengakses pengaturan aplikasi ini. Caranya adalah dengan menerapkan rangkaian kata sandi numerik yang selalu berubah, sehingga anak-anak yang belum bisa membaca tidak akan bisa memasuki area pengaturan dan orang tua bisa terus memegang kontrol.

Pada opsi pengaturan, anda akan menemukan beberapa pengaturan standar seperi aktifasi musik latar, efek suara, dan opsi pencarian.

Dengan mematikan opsi pencarian, maka video yang tersedia hanya sebatas yang tersedia di ahalaman utama. Walau pun tidak dimatikan, YouTube Kids akan menyaring setiap kata yang dianggap negatif dan menyarankan kata pencarian lain.

Terdapat juga opsi batas waktu agar anak-anak tidak terus-menerus mengakses YouTube Kids, hal ini simaksudkan agar anak-anak bisa melakukan aktivitas lainnya. Batas waktu maksimal yang bisa diatur adalah sampai 120 menit.  

#Google #YouTube Kids #YouTube
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan