YouTube dalam Tahap Pengembangan Fitur Pop-Up untuk Komentar 'Toxic'

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 09 Oktober 2020
YouTube dalam Tahap Pengembangan Fitur Pop-Up untuk Komentar 'Toxic'
YouTube mengembangkan fitur pop-up untuk komentar toxic. (Foto: Unsplash.com/Kon Karampelas)

PLATFORM streaming, YouTube kembali menambahkan fitur baru. Kali ini mereka mengembangkan fitur pop-up untuk komentar negatif atau yang tidak senonoh.

Platform streaming video ini memang diketahui sedang mengembangkan berbagai macam fitur. Salah satunya adalah fitur musik. Google Play Music bergabung dengan YouTube untuk menjadi platform musik. Pengguna dapat menyusun playlist sendiri dan mendengarkan lagu melalui YouTube.

Baca juga:

Yuk Bernostalgia Dengan Menggunakan Icon Instagram Era 2010-an. Begini Caranya!

Namun, sebelumnya Youtube hanya berfokus mengembangkan bagian sosial di platform tersebut. Baru ini mereka mengembangkan fitur yang dapat mencegah komentar yang toxic dan kasar di kolom komentar.

YouTube telah mengembangkan berbagai macam fitur sosial sebelumnya. (Foto: pexels.com/freestocksorg)
YouTube telah mengembangkan berbagai macam fitur sosial sebelumnya. (Foto: pexels.com/freestocksorg)

YouTube nantinya akan mendeteksi spam, komentar yang berpontesi menyinggung, dan menunjukkan bahwa komentar tersebut terkesan kasar. Nantinya jika terdektsi salah satu potensi tersebut, platform ini akan memunculkan Pop-up.

Dilansir dari 9to5google.com, fitur pop-up ini sebenarnya dibuat untuk para user yang memberikan komentar toxic merefleksikan kembali komentar tersebut. Karena itu, pop-up tersebut akan berisikan peringatan dan antipasi kalau user tersebut berpotensi bahaya dalam melakukan tindakan tersebut.

Baca juga:

Awas Malware PC yang Tahan Install Ulang

Selain itu, YouTube juga sedang mengembangkan fitur lain untuk komentar toxic. Walaupun tidak memunculkan pop-up, komentar yang terdeteksi berbahaya dan merugikan dapat dihapus karena melanggar pedoman komunitas yang ada.

YouTube opitimis fitur ini akan memberikan dampak dalam berperilaku di internet dengan baik dan sopan, apalagi dalam memberikan komentar. Walaupun perilaku ini tidak dapat diubah dalam satu malam. Namun, setidaknya YouTube mempunyai pedoman untuk melindungi konten dan komen yang negatif.

Fitur pop-up ini diharapkan dapat memberikan dampak agar berkomentar dengan baik. (Foto: unsplash.com/Sara Kurfess)
Fitur pop-up ini diharapkan dapat memberikan dampak agar berkomentar dengan baik. (Foto: unsplash.com/Sara Kurfess)

Sampai saat ini YouTube baru mencoba di beberapa user dan device. Belum semuanya mendapatkan fitur ini karena juga masih dalam pengembangan. Menurut 9to5google.com, kamu nantinya dapat melihat pop-up tersebut di YouTube dengan menggunakan PC dan smartphonemu.

Dengan adanya fitur pop-up ini diharapkan orang-orang menjadi bijak dalam memilih kata-kata saat berkomentar. Selain itu, fitur ini memang tidak tentu menghilangkan komentar, tetapi memberikan waktu untukmu berpikir dan merefleksikan kembali apa yang kamu tulis. Karena itu, ketika kamu mencoba meninggalkan komentar negatif, pop-up ini akan membuatmu berpikir kembali. (May)

Baca juga:

Rocket Lake, Chip Desktop Gen 11 Intel untuk Gamer Diluncurkan Awal 2021

#YouTube
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan