YouTube Bikin Polisi Internet YouTube lebih ketat mengawasi konten video pada tahun depan. (Foto: fortune)

SETELAH diprotes oleh para penggunanya, terutama pemasang iklan, YouTube membuat 10 ribu 'polisi internet' dan kecerdasan buatan (artificial intellegence – AI). Tujuannya adalah untuk meminimalkan atau menghapuskan video-video yang 'tak layak' tonton.

Seperti yang dituliskan pada laman The Sun, YouTube pada tahun depan sudah ancang-ancang akan mempekerjakan lebih banyak staf lagi untuk mengawasi video yang ada.

Mereka juga tengah menggarap AI yang mampu secara otomatis mengenali konten-konten yang 'tidak layak' ditayangkan.

Akun IS merupakan salah satu yang membuat geger dunia maya. Akun itu memvideokan langkah-langkah membuat bom. Video itu sudah dishare ribuan kali di dunia maya.

YouTube juga memblok video serangan bom Machester Arena beberapa waktu yang lalu. Namun dapat muncul kembali pada platform berbeda.

Pun demikian YouTube menerima banyak kritikan karena gagal mencegah akun-akun 'pemangsa' anak-anak. Hal ini yang kemudian membuat pemasang iklan di YouTube mencabut iklannya. Mereka tidak mau iklannya disandingkan dengan perilaku pedofilia itu.

Susan Wojcicki, eksekutif YouTube, mengatakan bahwa perusahaan menerapkan kebijakan yang tegas dalam kasus ini. Seperti mengambil tindakan tegas terhadap komen-komen miring. Kemudian mereka juga tengah mengujicobakan sistem baru yang dapat melawan hal yang buruk yang diunggah ke web site.

Wojcicki mengatakan bahwa sejak bulan Juni lalu tim mereka mereview secara manual hampir dua juta video yang dianggap berisikan konten ekstrim. Ini sekaligus menjadi semacam pembelajaran pada mesinnya untuk mengenali video-video sejenis kelak.

Selama enam bulan ini YouTube sudah menyingkirkan 150 ribu video dengan muatan ekstrim. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH