YouTube Akan Hapus Video Misinformasi tentang Aborsi YouTube mulai menghapus misinformasi terkait aborsi dan menautkannya dengan informasi faktual. (Unsplash/Christian Wiediger)

YOUTUBE mengumumkan bahwa mereka akan mulai menindak video yang berisi informasi yang salah tentang aborsi mulai Kamis (21/7). "Kami akan menghapus konten yang memberikan instruksi untuk metode aborsi yang tidak aman atau mempromosikan klaim palsu tentang keamanan aborsi di bawah kebijakan misinformasi medis kami," kata YouTube dalam sebuah utas di Twitter.

Kebijakan YouTube muncul setelah Mahkamah Agung AS bulan lalu membatalkan kasus Roe v. Wade 1973, kasus yang menjadi dasar pelegalan aborsi di AS. Setelah kasus itu dibatalkan, maka hak konstitusional untuk aborsi di seluruh AS yang diterapkan hampir 50 tahun, mulai diserahkan ke negara bagian masing-masing. Putusan itu telah menyebabkan banyak negara bagian memberlakukan undang-undang yang mengkriminalisasi prosedur aborsi.

“Seperti semua kebijakan kami tentang topik kesehatan/medis, kami mengandalkan panduan yang diterbitkan dari otoritas kesehatan. Kami memprioritaskan menghubungkan orang ke konten dari sumber tepercaya tentang topik kesehatan, dan kami terus meninjau kebijakan dan produk kami saat peristiwa dunia nyata terungkap,” kata platform video tersebut.

Baca juga:

Mahkamah Agung AS Larang Aborsi, Biden Sebut Hari yang Menyedihkan

youtube hapus video aborsi
Kebijakan YouTube muncul setelah Mahkamah Agung AS bulan lalu membatalkan Roe v. Wade. (Unsplash/Gayatri Malhotra)

Menurut pedoman yang ada di YouTube, pihaknya melarang konten yang mempromosikan zat, perawatan, atau zat berbahaya serta konten yang bertentangan dengan konsensus ahli menyangkut praktik medis tertentu yang aman.

YouTube juga mengatakan pada hari yang sama bahwa pihaknya meluncurkan panel informasi yang memberi pengguna konteks dan informasi dari otoritas kesehatan lokal dan global yang akan muncul di bawah video terkait aborsi dan di atas hasil pencarian yang relevan.

Contoh panel info yang disediakan YouTube bersumber dari National Library of Medicine di National Institute of Health, AS yang mengatakan, “Aborsi adalah prosedur untuk mengakhiri kehamilan. Ini menggunakan obat-obatan atau operasi untuk mengeluarkan embrio atau janin dan plasenta dari rahim. Prosedur ini dilakukan oleh profesional kesehatan berlisensi.”

Baca juga:

YouTube akan Hilangkan Fitur Berbagi Video Negatif

youtube hapus video aborsi
Google yang menaungi YouTube akan secara otomatis menghapus entri lokasi setelah mengunjungi klinik aborsi. (Unsplash/Firmbee.com)

Panel juga menyarankan, “Untuk tujuan informasi saja. Konsultasikan dengan otoritas medis setempat untuk mendapatkan saran.”

Pada awal bulan ini, kelompok advokasi keadilan gender UltraViolet, bekerja sama dengan Physicians for Reproductive Health, memublikasikan surat terbuka yang ditandatangani oleh lebih dari 70 penyedia layanan kesehatan dan lebih dari 190 organisasi untuk mendesak YouTube dan platform media sosial menghentikan penyebaran disinformasi terkait aborsi.

“Orang hamil selalu membutuhkan informasi yang akurat tentang kesehatan seksual dan reproduksi dan sekarang dengan dibatalkannya Roe v. Wade, epidemi disinformasi harus segera dicegah dan dibendung,” kata direktur eksekutif UltraViolet Shaunna Thomas dalam sebuah pernyataan.

“Keputusan YouTube untuk mulai menghapus misinformasi terkait aborsi dan menautkan ke informasi faktual adalah langkah penting dalam melindungi kesehatan masyarakat dan orang-orang yang mencari jawaban dan solusi untuk pilihan kesehatan reproduksi secara daring,” Thomas menambahkan seperti diberitakan Variety (21/7).

Bulan lalu, Google yang menaungi YouTube, mengatakan akan secara otomatis menghapus entri lokasi dari akun pengguna segera setelah mereka mengunjungi fasilitas medis yang sifatnya sangat pribadi, termasuk klinik aborsi. (aru)

Baca juga:

Youtube Premium Sukses Torehkan Sejarah Baru

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
BTS Segera Rilis Album Antologi 'Proof', Catat Tanggalnya!
ShowBiz
BTS Segera Rilis Album Antologi 'Proof', Catat Tanggalnya!

Album Proof merupakan kompilasi dari karya yang dihasilkan BTS sembilan tahun sejak debutnya.

Fiersa Besari Luncurkan Album 'Berjalan Mundur', Rayakan 10 Tahun Bermusik
ShowBiz
Fiersa Besari Luncurkan Album 'Berjalan Mundur', Rayakan 10 Tahun Bermusik

Album ini tercipta sebagai rasa syukur, anugerah atas perjalanan karier selama 10 tahun terakhir.

SnackVideo Berikan Tips Mengatasi Demam Panggung
Fun
SnackVideo Berikan Tips Mengatasi Demam Panggung

Beberapa orang masih demam panggung saat pertama kali tampil di depan umum.

Ilmuwan Melatih Tikus untuk Menyelamatkan Korban Gempa Bumi
Fun
Ilmuwan Melatih Tikus untuk Menyelamatkan Korban Gempa Bumi

Proyek ini digagas oleh organisasi nirlaba Belgia APOPO.

Anjing dapat Mendeteksi Stres dari Bau Napas Pemiliknya
Hiburan & Gaya Hidup
Anjing dapat Mendeteksi Stres dari Bau Napas Pemiliknya

Stres akut mengubah senyawa yang ditemukan dalam keringat dan napas manusia.

Infeksi Kulit Kepala Buat Rambut Jadi Rontok
Fun
Infeksi Kulit Kepala Buat Rambut Jadi Rontok

Ada jenis infeksi tertentu yang terjadi pada kulit kepala dan berpotensi menghambat pertumbuhan kembali rambut apabila kulit kepala meradang atau teriritasi.

Grup Neraka di Euro 2020 Diisi Jerman, Portugal, dan Prancis
Fun
Melly Goeslaw Ungkap Pentingnya Pemanfaatan Platform Digital
Fun
Melly Goeslaw Ungkap Pentingnya Pemanfaatan Platform Digital

Pemanfaatan platform digital terhadap industri musik di Indonesia saat ini.

BeyonCa Debut Global dengan Memperkenalkan EV Gran Turismo Opus 1
Fun
BeyonCa Debut Global dengan Memperkenalkan EV Gran Turismo Opus 1

Canggih, mewah, berkualitas, BeyonCa Opus Gran Turismo 1.