YouTube Akan Hadirkan Pesaing TikTok

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 03 April 2020
YouTube Akan Hadirkan Pesaing TikTok
YouTube dikabarkan akan menghadirkan aplikasi mirip TikTok (Foto: pixabay/stocksnap)

SEPERTI yang diketahui, aplikasi video pendek TikTok saat ini tengah populer dibeberapa negara, tak terkecuali di Indonesia.

Ditengah popularitas TikTok yang kian meroket, YouTube dikabarkan tengah menggarap platform video singkat yang akan menjadi pesaing Tiktok, yakni Shorts.

Baca Juga:

Virus Corona Bisa Dideteksi Lewat Suara dengan Aplikasi Ini?

Aplikasi Shorts memiliki beberapa perbedaan dengan TikTok (Foto: pixabay/kreatikar)

Seperti yang dilansir dari laman The Verge, aplikasi Shorts memperbolehkan penggunanya mengunggah video singkat yang kemudian ditampilkan pada feed di aplikasi mobile, menyerupai TikTok.

Namun, keunggulan dari aplikasi Shorts yakni bisa memanfaatkan lagu-lagu berlisensi yang telah ada di katalog YouTube Music.

Sementara TikTok hanya membolehkan penggunanya untuk menggunakan audio serta musik dari database mereka. Lalu memproduksi video dengan memakai audio tersebut.

Baca Juga:

Instagram Hadirkan Fitur Baru untuk Batasi Konten Sensitif?

Melihat pertumbuhan pengguna TikTok yang meroket, tak aneh YouTube pun ingin mengambil keuntungan dari 'dunia' video singkat. Karena selama dua tahun terakhir menurut laporan App Annie di bulan Januari lalu, jumlah pengguna TikTok tumbuh sebanyak 125%.

Sementara itu, The Information menyebut aplikasi TikTok telah diunduh sebanyak 842 juta kali, baik dari App Store juga Play Store selama 12 bulan terakhir, meningkat 15% pertahunnya.

Banyak platform selain YouTube yang tertarik membuat platform video singkat sejenis TikTok (Foto: pixabay/tymonoziemblewski)

Langkah meniru platform populer bukan pertama kalinya bagi YouTube untuk dihadirkan di platformnya sendiri. Sebelumnya YouTube dikabarkan membuat fitur sejenis Instagram Stories untuk ditampilkan di YouTube.

Namun, bukan YouTube saja satu-satunya platform yang tertarik dengan platform video singkat sejenis TikTok. Facebook juga punya aplikasi Lasso, yang merupakan platform sejenis dan dikembangkan diam-diam di sejumlah negara, salah satunya Brasil. (ryn)

Baca Juga:

Cantiknya Rica Andriani, Istri Kapolsek Kembangan yang Pernikahannya Viral

#Aplikasi Video #YouTube
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan