Oscar 2021
Youn Yuh-jung, Aktris Pertama Korea Selatan yang Menangi Best Supporting Role Oscar Youn Yuh-jung menang Oscar untuk kategori best supporting actress. (foto: nyt.com)

NAMA Youn Yuh-jung disebut sebagai pemenang aktris pendukung terbaik untuk perannya dalam Minari. Hal itu membuatnya menjadi aktris pertama Korea Selatan yang menang dalam kategori itu. Selama pidatonya, Yuh-jung berbicara tentang bagaimana dia akan menonton Oscar di kampung halamannya di Korea Selatan. Namun, berada di upacara tersebut secara langsung merupakan sebuah pengalaman nyata.

"Aku berada di sini sendirian, aku tidak percaya aku di sini. Biarkan aku menenangkan diri. Terima kasih untuk Akademi," katanya.

BACA JUGA:

Youn Yuh-jung Jadi Aktris Korea Pertama Masuk Nominasi Oscar

Minari berkisah tentang sebuah keluarga dari Korea Selatan yang pindah ke Arkansas untuk memulai hidup baru. Kepindahan itu akhirnya menjadi lebih menantang daripada yang diharapkan. Mereka memiliki nenek mereka, diperankan Yuh-jung, yang tinggal bersama mereka.

Yuh-jung yang berperan sebagai Soon-ja, nenek yang tidak biasa dan lucu. Karakternya didasarkan dari nenek penulis/sutradara Lee Issac Chung di kehidupan nyata. Sebelumnya, Yuh-jung telah diganjar dua penghargaan yang lebih bergengsi, yakni SAG dan BAFTA.

Film tersebut, serta Yuh-jung, telah menerima pujian kritis sepanjang musim penghargaan dengan ia memenangi Screen Actors Guild Award dan BAFTA sebelum memenangi Oscar pada Minggu (25/4).

Menjelang akhir pidatonya, Yuh-jung berkata, "Saya tidak percaya pada persaingan." Ia lalu menambahkan bahwa telah lama mengagumi Glenn Close, yang juga masuk nominasi dalam kategori tersebut. Minari juga dinominasikan untuk film terbaik.

youn yuh-jung
Perannya dalam Minari dipuji. (foto: mediaite.com)

Nomine lain dalam kategori itu ialah Olivia Colman dalam The Father (2021), Maria Bakalova dalam Borat: Subsequent Moviefilm (2020) dengan, Amanda Sayfried dalam Mank (2020), dan Glenn Close dalam Hillbilly Elegy (2020).

Yuh-jung yang lahir 19 Juni 1947 ialah aktris Korea Selatan yang kariernya di film dan televisi berlangsung selama lebih dari lima dekade. Dia telah membintangi banyak serial televisi dan film terkenal Korea Selatan.

BACA JUGA:

Pidato Unik Youn Yuh-jung saat Terima British Academy Film Award

Penggambarannya akan tokoh Soon-ja dalam Minari yang mendapat pujian para kritikus membuatnya menjadi aktris Korea pertama yang memenangi Screen Actors Guild Award, British Academy Film Award, Academy Award, serta nominasi untuk Critics' Choice Movie Award.

Pada akhir 1960-an, Yuh-jung ialah bintang yang sedang naik daun di Korea Selatan. Ia memenangi beberapa penghargaan untuk perannya dalam Woman of Fire (1971). Ia pensiun dari sorotan selama beberapa tahun sebelum kembali berakting di akhir 1980-an.

Minari
Soon-ja didasarkan pada karakter di dunia nyata. (foto: eonline.com)

Selain Woman of Fire dan Minari, Yuh-jung dikenal lewat karyanya dalam film Korea Selatan The Housemaid (2010), The Taste of Money (2012), The Bacchus Lady (2016), dan Canola (2016). Ia juga dikenal karena perannya sebagai ibu pemimpin dalam serial drama keluarga Korea Selatan Men of the Bath House (1995), juga aktingnya di Be Strong Geum Soon (2005), Daughters-in-Law (2007), My Husband Got a Family (2012), dan Dear My Friends (2016). Semua film dan serialnya populer di seluruh Asia Timur. (aru)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ngabuburit ala ‘Ngabers’ TikTok, Valid Abis
Fun
Ngabuburit ala ‘Ngabers’ TikTok, Valid Abis

Bikin konten sekaligus tebar pesona.

Peringati 100 Tahun, Gucci Angkat Tema Musik
Fashion
Peringati 100 Tahun, Gucci Angkat Tema Musik

Banyak lagu populer yang menggunakan lirik Gucci.

Kominfo dan AGI Hadirkan IGDX 2021
Fun
Kominfo dan AGI Hadirkan IGDX 2021

IGDX 2021 memiliki tiga program menarik seputar game.

Tanda Seseorang Menderita Anoreksia Nervosa
Fun
Tanda Seseorang Menderita Anoreksia Nervosa

Penderita merasa keinginan untuk menurunkan berat badan adalah hal penting daripada yang lainnya.

Giliran Jungkook BTS Masuk 'The Simpsons'
ShowBiz
Giliran Jungkook BTS Masuk 'The Simpsons'

Golden Maknae masuk kartun The Simpson.

Lagi, Ed Sheeran Tulis Lagu untuk BTS
ShowBiz
Lagi, Ed Sheeran Tulis Lagu untuk BTS

Kolaborasi kedua setelah Make It Right.

26 Film Tiongkok Segera Tayang di iQiyi
Fun
26 Film Tiongkok Segera Tayang di iQiyi

26 film ini hadir dalam beragam genre.

Cara Inggris Mengatur Warganya Pergi ke Luar Negeri
Travel
Cara Inggris Mengatur Warganya Pergi ke Luar Negeri

Mereka menerapkan sistem “lampu lalu lintas” untuk menentukan resiko keamanan di daerah yang dikunjungi.

COVID-19 Sebabkan Brain Fog, ini Cara Mengatasinya
Hiburan & Gaya Hidup
COVID-19 Sebabkan Brain Fog, ini Cara Mengatasinya

Ada sejumlah alasan pikiranmu terasa berkabut.

NOAH Gunakan Teknologi Unreal Engine di Konser Virtualnya
ShowBiz
NOAH Gunakan Teknologi Unreal Engine di Konser Virtualnya

Merupakan kali pertama konser menggunakan Unreal Engine di Indonesia.