Yoshimi Yamashita, Wasit Perempuan Asal Jepang di Piala Dunia 2022

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 31 Oktober 2022
Yoshimi Yamashita, Wasit Perempuan Asal Jepang di Piala Dunia 2022
Yoshimi Yamashita. Foto: JFA

MerahPutih.com - FIFA membuat gebrakan di Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar pada November mendatang. Salah satunya dengan menghadirkan wasit perempuan di ajang empat tahunan itu.

Induk sepak bola dunia tersebut memilih 36 wasit dari berbagai negara untuk memimpin pertandingan Piala Dunia 2022. Dari daftar tersebut, ada tiga pengadil perempuan yakni Salima Mukansanga, Yoshimi Yamashita, dan Stephanie Frappart.

Baca Juga

Kumpulan Lagu Resmi Piala Dunia Sepanjang Sejarah, Ada Band Indonesia

Satu di antara wasit wanita yang perjalanannya paling menarik adalah Yoshimi Yamashita. Ia merupakan wasit perempuan profesional pertama di Jepang.

Awal mula Yamashita terjun ke dunia wasit adalah ketika masih kuliah. Ketika itu, ia diajak wasit senior.

"Bozono Makoto yang merupakan wasit internasional FIFA mendekati saya ketika kuliah. Dia sudah bekerja sebagai wasit jadi saya tidak bisa menolak undangan dari senior. Saya hanya berkata, ya," ucap Yamashita pada laman resmi federasi sepak bola Jepang.

Yoshimi Yamashita. Foto: AFC

Perempuan berusia 36 tahun itu mengaku tidak nyaman ketika pertama kali memimpin pertandingan di liga lokal. Apalagi, ia hanya ditunjuk sebagai asisten wasit pada awal perjalanan. Namun perlahan, ia terus mendapatkan kepercayaan memimpin laga. Yamashita juga pernah memimpin laga Liga Champions AFC.

Baca Juga

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Al Janoub Stadium, Simbol Penghormatan kepada Leluhur

Yamashita ingin memberikan yang terbaik pada Piala Dunia nanti. Ia tidak ingin membuang peluang yang diberikan.

"Saya terkejut dan tidak percaya ketika pertama kali mendengarnya. Namun, pada saat yang sama saya merasakan tanggung jawab yang besar," ulas perempuan yang lahir di Tokyo tersebut.

"Sebagai wasit Jepang pertama, Asia pertama, dan wanita pertama, saya harus memahami sentimen terhadap Piala Dunia bagi kebanyakan orang," ujar Yamashita.

"Saya juga tidak mau merusak apa yang telah dibangun para senior dan kepercayaan kepada rekan-rekan wasit," papar wasit perempuan pertama di J1 League itu.

Yoshimi Yamashita. Foto: AFC

Yamashita berharap, laga yang dipimpinnya nanti akan berjalan mulus. Dengan begitu, para penonton bisa menikmati laga.

"Para pemain bersemangat untuk menang dan para penonton tergerak dengan semangat tersebut. Saya ingin menjadi wasit yang membantu penonton menikmati laga sambil merasakan berbagai emosi," pungkasnya. (*/Bolaskor)

Baca Juga

Jerman dan 3 Calon Juara yang Berpeluang Angkat Koper pada Babak Grup Piala Dunia 2022

#Piala Dunia #Piala Dunia 2022 #Piala Dunia 2022 Qatar
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan