Yonif 300/BJW Hadapi Medan Licin dan Terjal Saat Patroli Perbatasan RI-PNG Personel Yonif Raider 300/Bjw Pos Kalipay melaksanakan patroli keamanan perbatasan di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (25/10). (ANTARA /HO/Yonif R 300/Bjw)

Merahputih.com - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas-Pamtas) RI-PNG dari Yonif Raider 300/Bjw Pos Kalipay yang dipimpin Serda Imam menggelar patroli keamanan perbatasan. Patroli dilakukan mencegah perbuatan yang melanggar hukum di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (25/10).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif R 300/Bjw Letkol Inf Ary Sutrisno mengatakan personel satgas melaksanakan patroli dilebatnya hutan Papua di mana medan yang dihadapi berbeda dengan patroli-patroli yang sebelumnya.

Baca Juga:

Mendagri Tito Tegaskan Perhatian Presiden Jokowi Kepada Papua Begitu Besar

"Karena terdapat medan yang licin, terjal, dan aliran sungai yang deras akan tetapi itu semua bukanlah hal yang ditakutkan, akan tetapi semakin menumbuhkan semangat para anggota untuk menjaga dan mencegah adanya perbuatan yang melanggar hukum," ujar Ary, Sabtu (26/10).

satgas rajawali
Ilustrasi Foto: Dok Kodam Bukit Barisan

Kegiatan itu, kata dia, rutin dilakukan oleh anggota satgas, selain untuk menciptakan rasa aman di sekitar pos, juga untuk mengetahui medan-medan yang dapat dijadikan jalan pelolosan untuk kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab.

"Bukan tidak mungkin hal tersebut terjadi, karena potensi alam Papua yang masih sangat terjaga dan alami, banyak satwa-satwa yang hidup di dalamnya serta kondisi pepohonan yang sangat asri, yang bisa mendorong oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melaksanakan perbuatan yang melanggar hukum, misalnya penebangan pohon secara ilegal, perburuan satwa-satwa yang dilindungi, serta penyelundupan barang-barang ilegal," jelas dia.

Baca Juga:

Pemerintah Pusat Tetapkan Papua dan Papua Barat Jadi Fokus Pembangunan 2020-2024

Ia menyebut rasa aman dan nyaman karena sering dilaksanakan patroli setiap minggu, tidak hanya dirasakan oleh personel pos melainkan juga masyarakat setempat.

"Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh masyarakat sekitar Pos Kalipay kepada anggota personel yang selalu memberikan rasa aman kepada masyarakat," tutup Ary. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH