Musisi Indonesia

Yon Koeswoyo Awalnya Menyanyi untuk Menghibur Diri

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 05 Januari 2018
Yon Koeswoyo Awalnya Menyanyi untuk Menghibur Diri
Yon Koeswoyo dan Andre Taulany. (Foto: Instagram/#koesplus)

MENYANYI hingga akhir hayat. Begitu lah kisah Yon Koeswoyo, personel Koes Plus yang hari ini, Jumat (5/1), meninggal dunia di usianya yang ke-77 tahun.

Kiprahnya di dunia musik dimulai pada 1960 ketika ia membentuk grup musik Koes Bersaudara bersama John Koeswoyo, Tonny Koeswoyo, Yok Koeswoyo dan Nomo Koeswoyo. Band ini merupakan pelopor musik pop dan rock n roll di Indonesia.

Pada 1969, lahir grup Koes Plus yang merupakan lanjutan dari grup Koes Bersaudara. Di usia senja, ia masih sanggup pentas bersama Yok Koeswoyo. Dua tahun lalu, mereka bersama-sama menyanyikan lagu Penyanyi Tua di ulang tahun Yon yang ke-75 tahun.

Selain Penyanyi Tua, masih banyak lagu lain yang pernah Yok lantunkan bersama Koes Plus Bersaudara. Dan kebanyakan memiliki karakter yang sama, sederhana. Sebut saja lagu andalannya, Bunga di Tepi Jalan.

Sebagai seniman lawas, mereka sukses membuat penonton tetap setia mendengarkan lagu-lagu mereka yang melintas zaman. Lagu-lagu mereka kerap dinyanyikan musisi lain dengan aransemen baru.

Sebut saja Cintamu T’lah Berlalu yang dinyanyikan Chrisye serta Manis dan Sayang yang dibawakan Kahitna.

Keaktifan Yon bernyanyi hingga usia senja merupakan bentuk konsistensi dan tanggung jawabnya. Menjadi penyanyi merupakan pilihan hidupnya sejak muda. Maka, ia konsisten menjalaninya hingga akhir hayat.

Semula, ia bernyanyi untuk menghibur diri. Namun ternyata nyanyian yang dibawakannya bisa menghibur orang lain juga.

Ketika lagunya mampu menghibur pendengar, di saat itu lah kebahagiaannya muncul. Layaknya grup band lain, popularitas Koes Plus pun pernah surut hingga Yon mencari sambilan sebagai makelar mobil dan tanah.

Namun, Koes Plus tetap bertahan. Ketika Tonny Koeswoyo tutup usia di tahun 1987, popularitas Koes Plus jatuh. Namun, berhasil bangkit kembali pada 1990-an.

Saat Murry meninggal dunia pada 2014, Yon tetap bernyanyi meski Yok tak lagi aktif di panggung. Kini “Penyanyi Tua” itu telah pergi. Selamat jalan, Yon! Terima kasih telah menjadi bagian dari perkembangan industri musik Tanah Air. (*)

Dapatkan berita kepergian Yon Koeswoyo pada artikel Kabar Duka, Musisi Senior Yon Koeswoyo Meninggal Dunia.

#Yon Koeswoyo #Koes Plus #Koes Bersaudara
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan