Headline

Yogyakarta Hidupkan Kembali Karakter Budaya Lewat Pendidikan

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 28 Oktober 2017
Yogyakarta Hidupkan Kembali Karakter Budaya Lewat Pendidikan
Tradisi budaya Yogyakarta (Foto: MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Pemerintah Provinsi Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan DIY akan menggalakkan kembali karakter budaya melalui jalur pendidikan. Disbud akan menggandeng Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY untuk menjadikan sekolah budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan Umar Priyono menjelaskan sekolah Budaya adalah sekolah biasa yang para siswa diajarkan budaya, sopan santun dan etika dalam kegiatan belajar mengajar. "Misalnya saat belajar, ditanamkan budaya cinta tanah air dan sopan santun kepada orang lebih tua," jelas Umar melalui sambungan telepon kepada merahputih.com di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Pemda turut akan menggelorakan kembali budaya maritim pada siswa. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Gubernur dan Wagub lima tahun ke depan yakni Kejayaan Samudra Hindia.

Para siswa akan diingatkan kembali kejayaan nenek moyang bangsa Indonesia di bidang kelautan. "Bangsa Indonesia sejak dulu kan sudah terkenal akan kehebatan yang mengarungi samudra. Nah ini mau kita coba untuk kenalkan kembali ke mereka,"jelasnya

Selain itu muatan lokal pelajaran bahasa Jawa juga akan diterapkan diseluruh sekolah dari tingkat SD- SMA. Dalam pelajaran bahasa Jawa akan diajarkan pula budaya luhur Jawa.

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Ikuti berita-berita menarik lainnya dari Yogyakarta dalam artikel: HUT Kota Yogyakarta ke-260, Tujuh Pasangan Nikah Gratis di Stasiun Kereta

#Pendidikan Karakter #Dinas Kebudayaan D I Yogyakarta #Budaya Jawa
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan