Yogyakarta Bakal Gelar Rapid Test Massal di Supermarket dan Pasar Rapid test di GOR Pangukan Kabupaten Sleman. (Foto: MP/Teresa ika)

MerahPutih.com - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar rapid test di sejumlah lokasi keramaian. Tempat-tempat yang dituju diantaranya supermarket pasar tradisional dan mal.

Sekretaris Daerah Pemda DIY Baskara Aji menjelaskan, rapid test masal akan dilakukan dalam waktu dekat. Nantinya setiap titik akan diberi kuota pemeriksaan bagi pengunjung maupun penjual.

Baca Juga:

Larangan Mudik Kurang Ampuh, Ratusan Kendaraan Masih Berupaya Keluar dari Jabodetabek

"Jadi di tidak semuanya dites akan kita ambil sampel acak dalam jumlah tertentu," jelas Baskara usai rapat koordinasi di kantor Kepatihan Yogyakarta, Rabu (14/05).

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X sudah mengumpulkan kepala daerah untuk perencanaan rapid test. Saat ini, Pemda menghitung jumlah alat yang dibutuhkan.

Rapid test di GOR Pangukan Kabupaten Sleman. (Foto: MP/Teresa ika)
Rapid test di GOR Pangukan Kabupaten Sleman. (Foto: MP/Teresa ika)

Gubernur sudah memerintahkan kepala BPBD DIY untuk meminta tambahan alat RDT jika kurang. Aji juga memastikan hasil tes akurat.

"Hasil tes bisa diketahui diwaktu dan tempat yang sama," kata dia.

Baca Juga:

Juru Bicara Pemerintah: Satu-satunya Jalan Hadapi Virus Corona Yakni Ubah Cara Hidup

Rapid test ini dilakukan untuk mempercepat proses tracking warga yang positif corona usai kejadian di supermarket Indogrosir.

Warga yang reaktif usai melakukan rapid test akan segera dijemput oleh pemda dan kemudian dikarantina di tempat-tempat khusus. Aji menambahkan, pemerintah kabupaten sudah menyiapkan sejumlah lokasi karantina seperti wisma haji di Kabupaten Sleman serta wisma PU di kota Jogjakarta. (Teresa ika)

Baca Juga:

Pemprov DKI Segel 190 Perusahaan Pelanggar PSBB


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH