YLKI Buka Posko Pengaduan Saldo Kartu TransJakarta Terpotong 2 Kali

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 11 Oktober 2022
YLKI Buka Posko Pengaduan Saldo Kartu TransJakarta Terpotong 2 Kali
Ilustrasi - Armada bus listrik TransJakarta sedang menurunkan dan menaikkan penumpang di Halte Non BRT di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/3/2022). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

MerahPutih.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) membuka posko aduan bagi pengguna TransJakarta yang merasa dirugikan dengan sistem baru pada 4 Oktober 2022 lalu, hingga menyebabkan antrean panjang.

Pasalnya, banyak pengguna TransJakarta yang mengeluhkan masalah saat melakukan tap in dan tap out, saldo dalam kartu mereka terpotong dua kali dalam satu perjalanan, yakni Rp 3.500 saat tap in sebelum memasuki halte dan Rp 3.500 saat tap out setelah turun dari bus.

Ketua pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, dirinya mendapat laporan bahwa banyak penumpang mengeluhkan saldonya terpotong dua kali bahkan lebih, sehingga mereka merasa dirugikan TransJakarta.

Baca Juga:

Polemik Revitalisasi Halte Bundaran HI, Fraksi PDIP Bakal Panggil TransJakarta

"Ketika komplain kepada petugas di halte, diarahkan mengadu ke nomor aduan yang dipasang di halte-halte. Bagi penumpang ini bukan solusi, karena ketika mengadu, sudah kehilangan pulsa, tapi uang belum tentu kembali," papar Tulus.

Menurut dia, tak cuma pengguna TransJakarta yang dirugikan dengan sistem ticketing baru yang belum siap ini. Tapi, TransJakarta itu sendiri, sebab terjadinya penurunan jumlah penumpang karena banyak penumpang yang kemudian meninggalkan angkutan umum milik Pemprov DKI itu.

Baca Juga:

Penumpang Keluhkan Sistem Baru TransJakarta, Anies Colek Direksi

Tulus Abadi mengatakan, berkaca pada kejadian 4 Oktober kemarin, masyarakat tidak mau antre panjang dan repot ditaping masuk maupun keluar.

Oleh karena itu, merespons fenomena ini, YLKI membuka posko aduan bagi masyarakat yang merasa dirugikan oleh sistem ticketing TransJakarta yang baru tersebut. (Asp)

Baca Juga:

Cara Mengembalikan Saldo Penumpang TransJakarta yang Terpotong 2 Kali

#TransJakarta #YLKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan