YLKI Buat Petisi Desak KPPU Usut Dugaan Kartel Minyak Goreng

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 04 Februari 2022
YLKI Buat Petisi Desak KPPU Usut Dugaan Kartel Minyak Goreng
Minyak goreng kemasan. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia membuat petisi untuk Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) guna mengusut tuntas dugaan kartel minyak goreng, yang menyebabkan harga salah satu bahan pokok tersebut mahal.

Hingga pukul 14.55 WIB, sudah sebanyak 160 orang yang tanda tangani petisi usut tuntas kartel minyak goreng melalui web www.change.org.

"Kalau kamu pergi ke minimarket, mungkin stok minyak goreng bakal kosong dan ludes. Kalau kamu pergi ke pasar tradisional, harga minyak melambung tinggi sekali," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, Jumat (4/2).

Baca Juga:

Alasan Pemerintah Inflasi Januari Naik Dikerek Harga Beras dan Minyak Goreng

Tulus pun mengaku bingung dengan tingginya harga minyak goreng di Indonesia saat ini. Pasalnya, negara dengan penghasil minyak kelapa sawit (CPO) terbesar di dunia, tapi masyarakat tidak bisa membeli minyak goreng sawit dengan harga yang terjangkau.

KPPU, kata dia, sempat bilang kalau hanya ada 4 perusahaan yang menguasai perdagangan minyak goreng di Indonesia. Bukan tidak mungkin, ada praktik kartel supaya harga minyak goreng jadi mahal sekali. Walaupun ini masih dugaan, tetapi fenomena di pasar mengindikasikan dengan kuat.

Untuk itu, lewat petisi ini, YLKI meminta agar KPPU segera mengusut sampai tuntas dugaan kartel minyak goreng ini, sebagaimana dimandatkan oleh UU Anti Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat.

Baca Juga:

HET Minyak Goreng Tidak Rugikan Pengusaha

Lebih lanjut, jika benar ada kartel atau bentuk persaingan tidak sehat lainnya pada produk minyak sawit, KPPU dan pemerintah harus tegas dalam memberikan sanksi hukum (perdata, pidana, dan administrasi).

"Jangan segan segan untuk mencabut izin ekspor mereka, supaya bisa memprioritaskan konsumsi domestik. Atau bahkan mencabut izin usahanya," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Minyak Goreng Mahal dan Langka, Satgas Mafia Pangan Solo Siapkan Operasi

#Minyak Goreng #Harga Kebutuhan Pokok #YLKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan