YBBI Padukan Pelestarian Tari Tradisional dengan Kunjungan Museum

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 28 Mei 2016
YBBI Padukan Pelestarian Tari Tradisional dengan Kunjungan Museum
Sekolah Tarian Tradisional gratis yang diadakan oleh Yayasan Belantara Budaya Indonesia (YBBI), di Museum Nasional, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (28/5). (Foto: MerahPutih/John Abimanyu)

MerahPutih Budaya - Semakin lunturnya kecintaan terhadap tari tradisional di kalangan anak-anak Indonesia usia dini membawa keprihatinan bagi sebagian kalangan yang mencintai kebudayaan Indonesia.

Founder Yayasan Belantara Budaya Indonesia (YBBI) Diah Kusumawardani Wiyanati mengatakan, fenomena itu mendorongnya untuk membuat suatu program Sekolah Tari Tradisional secara gratis. Tak hanya melestarikan seni tari, YBBI juga berusaha memadukan kegiatan tersebut dengan upaya meningkatkan jumlah kunjungan ke museum.

"Sebenarnya, Sekolah Tari Yayasan Belantara Budaya Indonesia ini sudah didirikan sejak tahun 2013 lalu. Di mana kita ingin termotivasi kembali untuk mencintai budaya Indonesia terutama pada anak-anak di usia dini," ujar Diah saat ditemui merahputih.com di sela-selah latihan, di Museum Nasional, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (28/5).

Diah memiliki alasan kenapa memilih museum sebagai tempat latihan. Menurutnya, dengan digelar latihan di museum, lokasi tempat penyimpanan barang sejarah diharapkan sering dikunjungi oleh masyarakat.

"Jadi kenapa aku buat di museum, agar museum itu terus dikunjungi oleh masyarakat. Dengan adanya program dapat merekatkan masyarakat, maka otomatis mereka akan berkunjung berkali-kali (untuk) latihan di sini," tuturnya.

Saat ini, YBBI sudah memiliki sebanyak 1.000 murid yang terbagi dua tempat. Pertama di Museum Kebangkitan Nasional sekitar 700 orang murid, sedangkan di Museum Nasional berjumlah 300 orang.

"Kurang lebih segitu, sejak pertama kali didirikan sudah 300 orang murid sudah ikut bergabung di sini. Seiring berjalannya waktu semakin banyak peminatnya," tuturnya. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Lestarikan Permainan Tradisional Anak
  2. Amanah Sang Ayah Membuat Said Melestarikan Musik Tanjidor
  3. Aiptu Yanto Marindi Enjoy Mengajar Tari Tradisional
  4. Setelah Bripka Seladi, Ada Polisi Jadi Guru Tari di Depok
  5. Tari Bali Jauk dan Musik Angklung Hipnotis Warga Bulgaria
#Tari Tradisional #Seni Tari #Yayasan Belantara Budaya Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan