Yasonna Sebut Lapas Tangerang Over Kapasitas 400 Persen

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 08 September 2021
Yasonna Sebut Lapas Tangerang Over Kapasitas 400 Persen
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly di Lapas Kelas 1A Tangerang, Rabu (8/9). Foto: MP/Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menyebut Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, over kapasitas hingga 400 persen.

"Lapas Tangerang ini over kapasitas 400 persen, penghuni 2.072 orang," kata Yasonna dalam jumpa pers di Lapas Tangerang, Rabu (8/9).

Baca Juga

WN Afrika Selatan dan Portugal Jadi Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Yasonna menjelaskan kebakaran yang melanda Lapas Tangerang terjadi di Blok C2. Menurut politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini, beberapa kamar narapidana terkunci saat insiden kebakaran terjadi.

Peristiwa kebakaran tersebut, kata Yasonna, terjadi sekitar pukul 01.45 WIB. Petugas langsung menghubungi pemadam kebakaran dan 13 menit kemudian sebanyak 12 unit pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian.

Jenazah napi Lapas Kelas 1 Tangerang. Foto: MP/Rizki Fitrianto

"Saya ucapkan terimakasih kepada Damkar yang sangat cepat dan responsif, tidak sampai satu setengah jam kebakaran dapat dipadamkan," ungkap Yasonna.

Insiden kebakaran ini mengakibatkan 41 korban tewas. Karena petugas sulit untuk membuka kamar para narapidana, akibat kobaran api cepat membesar.

"Mengapa dikunci? Memang protapnya harus dikunci, kalau tidak dikunci melanggar protap," kata Yasonna. (Pon)

Baca Juga

Kronologi Kebakaran Blok Chaniri Nengga 2 Versi Kalapas Klas I Tangerang

#Breaking #Menteri Yasonna #Yasonna Laoly #Lapas Tangerang
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan