Yasonna Lantik Jenderal Polisi Jadi Dirjen PAS Kemenkumham

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 04 Mei 2020
Yasonna Lantik Jenderal Polisi Jadi Dirjen PAS Kemenkumham
Suasana pelantikan pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI, di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta, Senin (4/5/2020) (ANTARA/Ho-Direktorat Jenderal Pemasyarakatan)

MerahPutih.com - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly melantik Brigjen Pol Reinhard Silitonga menjadi Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM. Reinhard ditunjuk menggantikan pelaksana tugas (Plt) Dirjen PAS Nugroha.

Yasonna meyakini Reinhard merupakan sosok yang tepat untuk mengemban amanah memimpin pemasyarakatan. Pasalnya, mantan Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri itu mempunyai perjalanan karier yang baik di Korps Bhayangkara.

Baca Juga

ICW Duga Yasonna Jadikan Corona Dalih Golkan Agenda Lama Bebaskan Koruptor

"Dia dua kali menjadi Direktur Narkoba, di Sumut dan Jawa Tengah," kata Yasonna di Graha Pengayoman, Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/5).

Selain menunjuk Reinhard, Yasonna juga akan melantik jenderal polisi bintang dua untuk mengisi jabatan di Inspektur Jenderal Kemenkumham. Eks Kapolda Kepulauan Riau, Irjen Pol Andap Budhi Revianto akan menjabat posisi tersebut.

Posisi Irjen Kemenkumham saat ini kosong, karena Jhoni Ginting yang mengembang jabatan tersebut menjabat Plh Dirjen Imigrasi yang ditinggal Ronny Sompie.

Suasana pelantikan pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI, di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta, Senin (4/5/2020) (ANTARA/HO Humas Direktorat Jenderal Imigrasi)
Suasana pelantikan pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI, di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta, Senin (4/5/2020) (ANTARA/HO Humas Direktorat Jenderal Imigrasi)

Untuk diketahui, Reinhard Silitonga merupakan lulusan Akpol 1989 yang berpengalaman dalam bidang reserse. Pada 2019, jenderal bintang satu ini pernah menjabat sebagai Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kemenkumham.

Yasonna meminta Andap bekerja keras mencari terobosan-terobosan kreatif dalam upaya meningkatkan moralitas dan etika pegawai, mempertajam pengawasan terhadap pelayanan publik, administrasi keuangan maupun kedisiplinan pegawai, sehingga kemungkinan terjadinya pelanggaran dalam pelaksanaan tugas dapat ditekan seminimal mungkin.

"Sebagai Irjen, saudara harus mampu meningkatkan indeks integritas Kementerian Hukum dan HAM menjadi lebih baik. Jangan berikan ruang pada kolusi, korupsi, dan nepotisme di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM," katanya.

"Segala bentuk penyimpangan harus dideteksi sedini mungkin oleh Irjen. Saya tidak mau Inspektorat Jenderal bertindak setelah kejadian. Tapi Inspektorat Jenderal harus mengantisipasi adanya dugaan penyimpangan yang mungkin terjadi," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Yasonna juga menyampaikan keyakinannya bahwa Andap akan mampu beradaptasi dan bersinergi dengan para pegawai di lingkungan Kemenkumham secara baik.

"Mungkin saja ritme dan gaya kerja di kepolisian dan di Kementerian Hukum dan HAM agak sedikit berbeda. Tapi saudara sama-sama abdi negara. Saya percaya di manapun ditempatkan sebagai abdi negara, kita akan mampu menyesuaikan diri. Bersinergi dengan orang-orang baru. Kita pasti sebagai profesional saudara Andap dapat mengemban tanggung jawab ini," pungkasnya

Baca Juga

Yasonna Sesalkan Hoaks yang Beredar Soal Napi Asimilasi

Selain melantik Andap Budhi sebagai Irjen Kemenkumham, Yasonna juga melantik Jhoni Ginting sebagai Direktur Jenderal Imigrasi, serta Irjen Pol Reinhard S. Silitonga sebagai Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Yasonna juga melantik 16 pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kemenkumham. (Pon)

#Menkumham #Menteri Yasonna
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan