Yang Kurang Dilakukan Pemerintah Terhadap Papua Versi Buya Syafii Ma'arif Buya Syafii Ma'arif saat ditemui di Grha Suara Muhammadiyah, Yogyakarta. (Antara/Luqman Hakim)

Merahputih.com - Mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Buya Syafii Ma'arif meminta pemerintah lakukan pendekatan psikoantropologi menghadapi persoalan di Papua.

"Ini yang kurang dilakukan pemerintah selama ini terhadap Papua," ujar Buya di Padang, Selasa (3/9).

Baca Juga:

Polri Diminta Bebaskan 8 Tersangka Pengibaran Bendera Bintang Kejora

Yang dimaksud psikoantropologi itu, menurut Buya, adalah pemerintah harus memahami betul bagaimana masyarakat Papua itu. Mulai dari bagaimana orangnya, tipe orangnya, kemudian asal usulnya, pendidikannya dan lainnya.

Ia menilai selain pendekatan sosial ekonomi yang telah dilakukan, pendekatan psikoantropologi ini juga harus dilakukan. "Bagaimanapun kondisinya kita harus menyelamatkan Papua," kata dia.

Buya Syafii minta masyarakat jangan percaya klaim sepihak terkait pemenang Pilpres 2019
Buya Syafii meminta masyarakat untuk tidak mendengar klaim sepihak terkait pemenang Pilpres 2019 (Foto: Antara)

Selain itu, dirinya mengajak baik pemerintah maupun masyarakat Papua untuk meningkatkan kearifan nasional.

Pemerintah juga harus paham bahwa Papua ini bergabung dengan Indonesia bukan sejak 1945 namun belakangan sehingga harus ada berbagai pendekatan yang dilakukan

Terkait ada dugaan pihak yang menunggangi aksi di Papua, ia menilai itu sebuah kewajaran, namun yang terpenting bangsa ini harus kuat dari dalam. "Ada yang menunggangi kerusuhan itu hal biasa, mereka berusaha mengobok-obok dan selama kita kuat dan belum lumpuh tentu itu dapat diselesaikan," ucap dia dikutip Antara.

Baca Juga:

Benny Wenda Tuding Indonesia Perlakukan Papua Seperti Timor Leste

Selain itu wacana referendum yang dimunculkan, ia mengatakan referendum yang diinginkan oleh pihak tersebut. "Hal ini tentu tergantung kesepakatan antara Jakarta dengan Papua namun yang jelas kita harus selamatkan mereka," tutupnya. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH