Yang Harus Anda Tahu Tentang Jam Tangan Lakukanlah perawatan jam tangan Anda dengan baik. (Foto: rolex)

SEMUA orang memiliki jam tangan, semua orang paham dengan jam tangan sebagai penunjuk waktu. Namun ada jam tangan yang sekedar sebagai penunjuk waktu, benda itu menjadi represntasi dari pemiliknya.

Cukupkah sampai disitu? Ternyata tidak memiliki jam tangan tak semudah membelinya. Apalagi bila jam tangan itu merk terkenal, kualitas premium dan harganya selangit. Pun Anda harus tahu desain jam tangan berbeda yang disesuaikan pada kesempatan-kesempatan tertentu. Kan tidak mungkin memakai jam tangan bertahtakan berlian untuk menyelam.

Pentingnya Perawatan

Bagi Anda yang memiliki jam tangan mahal sepantasnya melakukan perawatan. Sama halnya dengan mobil, jam tangan juga perlu diservis. Apalagi bila jam tangan Anda termasuk jam mekanikal maka harus melakukan servis sekali dalam 4-5 tahun. Namun bila Anda mewarisi jam tangan kakek atau ayah Anda yang masuk dalam kategori jam tangan lama atau antik, harus melakukan servis sekali dalam dua tahun.

Ongkos servisnya bisa mencapai Rp 3 juta di luar penggantian suku cadangnya. Apalagi bila diservis pada dealer resminya bisa jadi ongkos akan bengkak dan membutuhkan waktu lama. Memang lebih murah menservisnya pada toko terpercaya yang menangani jam tangan seperti Anda punya. Tapi minusnya garansi Anda tidak berlaku lagi.


Beda Desain, Beda Kebutuhan

Desain jam berbeda-beda dan biasanya dibuat berdasarkan kebutuhan pemakaiannya. Tak mungkin memakai jam formal yang tipis nan elegan untuk jogging. Jadi perhatikan jam tangan Anda, bila memiliki strap karet dan memiliki fungsi kronograf masuk dalam kategori jam sport. Sedangkan yang memiliki desain bersih, strap kulit berpenampilan elegan adalah jam formal. Lalu yang memiliki strap kain atau kulit, berdesain kontemporer adalah jam tangan kasual.


Sesuaikan dengan Lingkungan

Jam tangan menunjukan status sosial Anda. Sah-sah saja memakainya, karena itu milik Anda. Namun harus memperhatikan lingkungan Anda berada. Jam tangan emas bertahtahkan berlian cocok untuk hadir dalam acara gala dinner dengan kalangan elit. Tidak cocok saja bila jam tangan seperti itu dibawa nongkrong di club atau pub.


Kenali Jam Anda

Fitur yang umumnya ada di jam tangan adalah penunjuk tanggal dan semua tahu manfaatnya. Tapi jika sudah berbicara tentang kronograf, tidak banyak yang tahu kegunaannya. Membeli sesuatu yang tidak Anda ketahui sepertinya mubazir. Jadi kenali terlebih dahulu fitur-fitur yang ada pada jam sebelum membelinya.

Termasuk pula material-material yang ada pada jam tangan Anda. Kegunaan dan fungsi jangan hanya menjadi hiasan saja.


Bekas Pakai

Jam bekas pakai yang bermerk dan dijamin keorisinalannya sebenarnya sangat menguntungkan pembelinya. Betapa tidak seseorang dapat memperoleh jam tangan bagus sesuai dengan kantong. Biasanya dalam pasar ini terdapat jam-jam edisi terbatas dan yang sudah tidak diproduksi lagi. Asal membelinya dari orang atau toko yang terpercaya, jangan sampai tertipu barang imitasi.


Jam Tangan Sempurna

Jika Anda pertama kali membeli jam tangan berkualitas mahal sebaiknya perhatikan usaha dan kerja keras untuk mewujudkan jam tangan itu. Apalagi bila yang mengeluarkan adalah Swiss, sudah dapat dipastikan Anda memiliki jam tangan penuh kesempurnaan.


Investasi?

Jam tangan bisa dikatakan investasi, bisa juga tidak. Namun sebenarnya bukan investasi dalam bentuk uang, melainkan nilai yang dikandungnya. Rolex adalah jam tangan yang memiliki nilai tinggi. Jam tangan bukanlah properti yang mengalami kenaikan saban tahun. Ada nilai uang yang turun disini. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH