Image
Author by : Foto: Apple

Siri, asisten cerdas Apple mendapatkan pembaruan yang disebut Siri Proaktif, yaitu modul prediksi. Fitur ini adalah pengingat cerdas yang tahu lebih banyak tentang lokasi dan kebiasaan anda.

Kemampuan baru Siri ini mampu memberikan hasil pencarian, email, dan kalender dengan tampilan informasi yang lebih cerdas. Selain itu, Siri juga mampu memberikan saran aplikasi apa yang dapat digunakan untuk menyelesaikan sebuah aksi.

Image
Author by : Foto: Apple

Apple akan makin melengkapi dukungan Apple Pay, yaitu sistem pembayaran yang mengandalkan NFC. Apple Pay kabarnya akan tersedia untuk publik Inggris pada bulan Juli.

Dukungan baru Apple Pay antara lain adalah dukunan untuk angkutan umum. Dengan begitu, anda dapat membayar kendaraan umum hanya dengan menempelkan iPhone anda pada alat pembayaran NFC di dalam bus

Image
Author by : Foto: Apple

Apple memiliki aplikasi berita baru, berbeda dari yang aplikasi Newsstand yang tidak begitu dipedulikan banyak pengguna. Aplikasi berita terbaru Apple adalah Apple News.

Apple News memiliki fitur umpan balik yang disebut For You. Aplikasi ini dapat menyajikan artikel menarik yang pernah anda baca sebelumnya. Anda juga akan meneripa pembaruan berita yang pernah anda baca tiap kali anda membuka Apple News.

Fitur ini terlihat mirip dengan fitur artikel baru dari Facebook. Aplikasi ini hadir dengan grafis dan elemen yang lebih interaktif, sehingga pengalaman membaca berita anda dapat semakin menyenangkan.

Image
Author by : Foto: Apple

Apple memperkenalkan gestur baru di iOS 9 untuk iPad. Anda dapat menggunakan dua jari anda di atas layar iPad layaknya menggunakan trackpad untuk memindahkan kursor dan mengetik layaknya menggunakan keyboard fisik

Apple menambahkan beberapa shortcut multi fungsi seperti yang terdapat pada keyboard fisik. Tentunya ini akan mempermudah anda saat mengetik dan menambah pengalaman yang lebih baik saat mengetik menggunakan iPad. Fitur ini bernama QiuckType.

Selain fitur keyboard yang ditingkatkan, Apple juga memberikan fitur split pada layar ketika anda mengetik. Nampaknya Apple semakin serius untuk menjadikan iPad sebagai media mengetik yang lebih serius.

Image
Author by : Foto: Apple Development

Apple akan membuat perangkat pintar di rumah semakin terhubung. Dengan penambahan konektifitas HomeKit pada iCloud, HomeKit dapat mengakses dan mengontrol jendela, termostat, lampu, berbagai sensor, dan berbagai perangkat pintar lainnya.

Selain terhubung dengan perangkat pintar, HomeKit juga dapat membantu pengguna memantau kesehatannya. HomeKit mampu mendeteksi ketika anda mengalami dehidrasi, melacak periode menstruasi, menganalisa kesehatan reproduksi, dan mendeteksi paparan sinar UV.

Image
Author by : Foto: Apple

Sekarang CarPlay dapat bekerja secara nirkabel di mobil anda, asalkan mobil anda mendukung jaringan nirkabel iPhone. Carplay dapat memainkan pesan audio, sehingga anda dapat mendengarkan pesan suara dari rekan anda melalui sistem audio mobil anda.

Dengan CarPlay, anda juga dapat mengandalkan beberapa tombol di mobil anda untuk menelusuri Apple Maps. Fitur ini juga turut dikembangkan oleh beberapa produsen mobil, sehingga Anda dapat mengontrol beberapa fitur mobil Anda tanpa harus meninggalkan CarPlay.

Image
Author by : Foto: canstockphoto

Pembaruan iOS 9 memberikan kekuatan baru pada iPhone dan iPad. Masalah yang menjadi isu utama pada iOS sebelumnya adalah daya tahan baterai, hal ini lah yang diperbaiki Apple melalui pembaruan iOS.

Apple mengklaim, dengan menggunakan iOS 9, perangkat anda memiliki sejam ekstra untuk daya tahan baterai. Selain itu, Apple juga menyematkan mode daya rendah yang memungkinkan perangkat anda dapat bertahan hidup tiga jam lebih.

Image
Author by : Foto: actionproof

Hanya enam minggu setelah diluncurkan, Apple Watch menerima perubahan besar pertamanya. Dalam versi terbaru WatchOS, akan memungkinkan Apple Watch menerima belasan email, menerima panggilan FaceTime (audio only), dan menghadirkan beberapa warna tema yang menarik.

Aplikasi kesehatan dan kebugaran juga dapat berjalan secara natif di Apple Watch. Dengan begitu anda tidak perlu menghubungkan Apple Watch pada iPhone utnuk menggunakna fitur kebugaran dan kesehatan.

Ketika anda menggunakan Apple Watch saat berolah raga, tanpa menyentuh layarnya, anda dapat memberikan Apple Watch komando. Hal ini dimungkinkan karena Apple Watch sudah emndukung Siri.

Pengembang pihak ketiga dapat mengakses sensor seperti accelerometer dan pemantau detak jantung. Mereka dapat membuat aplikasi yang menggunakan Digital Crown mesin haptic (yang membuat Apple Watch bergetar), HealthKit, dan HomeKit.

Selain menghadirkan tampilan baru, Apple Watch juga dapat menggunakan foto sebagai background pada layarnya. Semua pembaruan ini akan didapatkan pada musim gugur, yaitu sekitar bulan Agustus.

Image
Author by : Foto: Apple

Tim Cook membawa produser musik Jimmy Iovine dan Drake untuk berbicara tentang Apple Music, layanan musik ini memiliki beberapa aksen yang old school. Kedua DJ ini akan memberikan anda playlist yang menarik pada layanan ini.

Stasiun radio Beats 1 ini sudah tersedia di seluruh dunia. Layanan musik Apple akan memiliki jaringan streaming yang tidak terbatas. Playlist akan disajikan sesuai dengan genre musiknya.

Dengan menggunakan DJ sebagai pengatur musik, tentu akan memberikan nuansa straming musik yang berbeda jika dibandingkan dengan Spotify dan layanan streaming musik sejenis.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan Connect. Ini adalah platform untuk para musisi agar dapat berbagi hal-hal dengan fans mereka, seperti lagu, remix, lirik, video, dan lainnya.

Apple akan memberikan tarif 9,99 dollar amerika perbulan (sekitar Rp130.000) per bulan. Namun Apple akan memberikan layanannya secara gratis selama tiga bulan pertama. Layanan ini akan dirilis mulai 30 Juni dan kemungkinan juga akan hadir untuk Android.