Yamaha Rancang Robot Pesaing Valentino Rossi

Rendy NugrohoRendy Nugroho - Kamis, 29 Oktober 2015
Yamaha Rancang Robot Pesaing Valentino Rossi
Yamaha MotoBot (Foto: Gizmag)

MerahPutih Otomotif - Perkembangan teknologi robotik yang semakin pesat, rupanya tak ingin disia-siakan begitu saja oleh Yamaha. Pabrikan otomotif ternama asal Jepang tersebut melakukan uji coba dari hasil riset sepeda motor balap. Sehingga, Yamaha tak lagi menggunakan pembalap ataupun test ride untuk mencoba hasil riset motor balapnya.

Seperti dilansir Autoevolution, Yamaha baru saja memperkenalkan MotoBot. Robot yang disebut-sebut sebagai calon pesaing Valentino Rossi ini dirancang khusus oleh para insinyur Yamaha agar mampu memiliki karakter khusus layaknya manusia dalam menunggang sepeda motor. Bahkan, MotoBot dirakit khusus agar mampu memiliki gaya berkendara seperti Rossi.

Dalam sebuah tayangan video yang dirilis Yamaha memperlihatkan keandalan MotoBot di atas tunggangan sepeda motor YZF-R1M. Meskipun tunggangan dua pembalap MotoGP Yamaha tersebut diberi roda pelatihan di sisi kanan dan kiri, MotoBot bisa dengan stabil mengendalikan Yamaha YZF-R1M.

Pabrikan berlogo 'garpu tala' ini menargetkan, MotoBot mampu mengendarai sepeda motor balap yang memiliki kecepatan 200 kilometer per jam. Melalui kemampuan tersebut, Yamaha yakin Motobots dapat mengalahkan Valentino Rossi. Yamaha berpikir untuk membawa MotoBot ke dalam MotoGP.

"Tugas untuk mengontrol gerakan kompleks dari sepeda motor dalam kecepatan tinggi membutuhkan beragam kontrol yang berjalan dengan akurasi yang sanga tinggi," tulis Yamaha. "Jadi kami tidak mengharapkan hasil yang mengejutkan dalam waktu dekat ini," demikian Yamaha dalam rilisnya.

Dalam video promo yang kini bertebaran di ranah maya, motor balap besutan Yamaha tampak diuji coba di sebuah lahan kosong. Dalam narasinya disebutkan juga bahwa robot balap tersebut diciptakan untuk menyaingi The Doctor -julukan Rossi-. Simak video lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:

  1. Honda Resmi Rilis New VFR1200X Crosstourer 2016
  2. Honda Bocorkan Teaser Moge CB500X Terbaru
  3. Zero DSR, Motor Trail Gahar Bertenaga Listrik
  4. Beredar Video Bocoran Kawasaki Ninja H2 2016
  5. Suzuki Hayabusa Terbaru Gunakan Mesin 1500cc?
#Valentino Rossi #Robot #Yamaha
Bagikan
Ditulis Oleh

Rendy Nugroho

Bagikan