Yakin Alat Pembersih Kamu Steril? Kuman bisa hidup di alat pembersih yang biasa kamu gunakan. (Foto: Pixabay/stevepb)

APAKAH kamu termasuk orang yang steril dan serba bersih? Sering membersihkan seisi rumah serta benda-benda yang vital bukan berarti rumahmu aman dari kuman dan bakteri. Mereka senang bersembunyi di setiap sudut yang tidak kamu sangka. Apalagi mereka bisa berkembang biak setiap detik! Kalau sudah begini bisa repot urusannya.

Melansir dari laman CNN, bakteri bisa ada di mana saja tanpa kamu sadari. Bahkan mereka bisa tetap hidup di alat-alat kebersihan. Dampaknya bisa sangat buruk untuk kesehatan keluarga, seperti diare atau masalah alergi serius. Biasakan untuk mencuci atau mengganti atau merawat secara berkala alat-alat kebersihan yang biasa kamu gunakan.

Baca Juga:

Korek Kuping Plastik Dilarang Dijual di Skotlandia, Alasannya Sangat Mengejutkan!

1. Mesin Cuci

alat
Detergen tidak semata-mata membunuh kuman yang menempel pada baju. (Foto: Pixabay/stevepb)


Mencuci mesin cuci mungkin akan terdengar konyol. Tetapi ada baiknya kamu rutin melakukan hal ini. Di dalam mesin cuci ternyata tersimpan berjuta-juta bakteri yang berasal dari baju kotor. Deterjen tidak mampu membunuh kuman secara keseluruhan. Baju yang bersih dari noda dan harum setelah dicuci pun bukan berarti tidak terdapat kuman di dalamnya.

2. Busa Cuci Piring

alat
Gantilah busa cuci piring secara rutin. (Foto: Pixabay/laterjay)

Ternyata masalah diare yang parah bisa berasal dari foam cuci piring. Seringkali orang baru mengganti alat ini ketika permukaannya sudah rusak parah. Padahal busa cuci piring harus diganti secara berkala minimal dua minggu sekali. Terdapat kuman dan bakteri yang melekat pada alat makan. Semua berasal dari mulut manusia dan kontaminasi udara sekitar.

Baca Juga:

Sama-Sama Bikin Gatal, Ini Bedanya Ketombe dan Kutu pada Kulit Kepala

3. Sterilizer

alat
Sterilizer tetap harus dicuci secara berkala. (Foto: Pinterest/us.womann.site)


Memiliki anak kecil bukanlah hal yang mudah. Segala kebutuhannya harus terpenuhi tanpa kecuali. Termasuk kebersihan peralatan makan si kecil. Banyak ibu yang tergiur dengan kehebatan sterilizer yang disebut-sebut bisa memusnahkan bakteri pada alat makan dan botol susu bayi. Tapi ternyata bakteri masih bisa hidup di dalamnya jika kita tidak rajin membersihkan alat tersebut.


4. Sikat Tubuh

alat
Sikat badan harus bersihkan. (Foto: thebathhouseshop)


Tubuh akan terasa sangat bersih ketika kamu mandi menggunakan sikat khusus. Seluruh daki akan rontok dan kulit terbebas dari kulit mati. Tetapi nyatanya kamu hanya mentransfer kuman yang menempel pada tubuh ke bulu sikat. Sehingga ketika sudah sering digunakan, kuman tersebut hanya akan bertambah dan tubuhmu tidak bersih sepenuhnya. (mar)


Baca Juga:

Sederhana, Naik-Turun Tangga Bikin Otak Sehat


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo