XXI Taman Ismail Marzuki Resmi Tutup Ilustrasi bioskop (Sumber: Variety)

MerahPutih.com - Mulai hari ini Senin 19 Agustus 2019, XXI atau film layar lebar yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat sudah tidak beroperasi atau ditutup untuk masyarakat.

Direktur Proyek Revitalisasi TIM PT Jakpro, Luky Ismayanti menjelaskan gulung tikarnya tempat film layar lebar di TIM dikarenakan kontrak kerjasama yang sudah habis.

Baca Juga: Pemprov DKI Gelontorkan Rp 1 Triliun Revitalisasi TIM

XXI TIM berada di antara pusat kegiatan kesenian dan budaya yang berada di kompleks gedung teater TIM dan juga pusat pameran beserta galeri-galerinya.

"XXI di TIM tutup karena masa kontraknya sudah habis," ujar Luky Ismayanti saat dihubungi wartawan, Senin (19/8/).

Gedung XXI menjadi bagian gedung di kawasan TIM yang bakal direvitalisasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Meski demikian, ia menegaskan nantinya di TIM tetap ada tempat dimana warga bisa menonton cinema.

Pada proses pembangunan gedung cinema itu, kata dia, dibangun pada tahap ke II yakni bulan Juli 2020 mendatang. Namun, dia enggan membeberkan apakah dibangun ditempat yang sama atau tidak.

"Pembangunan cinema akan direncanakan kembali pada pembangunan revitalisasi TIM fase 2," ungkapnya.

Fitur kursi bergerak memantul
Ilustrasi (Foto: Pexels/Pixabay)

Seperti diketahui, Pemprov DKI telah mulai bekerja melakukan renovasi kawasan TIM. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan dan memutakhirkan kawasan tersebut menjadi sentra kegiatan kesenian dan kebudayaan bertaraf internasional.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan revitalisasi meliputi perencanaan, pembangunan, serta pengelolaan dan perawatan.

Visi revitalisasi adalah melahirkan kembali kawasan TIM dengan pengembangan laboratorium seni, etalase seni, dan barometer seni yang dapat menjadi bagian perjalanan wisata seni budaya.

"TIM menjadi salah satu pusat kebudayaan bukan saja untuk indonesia, tapi juga di asia dan di dunia. kita nantinya berharap dari sini dari tempat ini, budayawan-budayawan nasional maupun internasional akan bisa mengekspresikan karyanya," kata Anies di kawasan Cikini, Jakarta. Rabu (3/7) lalu.

Baca Juga: Revitalisasi Trotoar Cikini-Kramat Habiskan Rp75 M, Intip Hasilnya!

Pembangunan tahap 1 meliputi bangunan Masjid Amir Hamzah berlokasi di area Plaza Graha Bhakti Budaya, Gedung Parkir Taman dan Pos Damkar. Pengerjaan itu dilakukan mulai dari Juli-Desember 2019.

Tahap kedua, Gedung Perpustakaan dan Wisma TIM di area ex kantor DPP angkatan 66 ARH hingga jajaran kantin. Pengerjaan itu dilakukan pada tahun 2020 mendatang. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH