Xiaomi Tengah Kembangkan Isi Baterai Ponsel dengan Suara

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 22 Juni 2021
Xiaomi Tengah Kembangkan Isi Baterai Ponsel dengan Suara
Xiaomi patenkan sebuah teknologi canggih sound charging (Foto: bestmobs)

DI tengah era digital ini, para produsen smartphone saling berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah teknologi baru yang revolusioner, agar menarik para konsumen, dan menjadi trendsetter di dunia teknologi.

Seperti yang belum lama ini dilakukan oleh Xiaomi. Produsen ponsel asal Tiongkok ini, dilaporkan telah mengajukan sebuah paten teknologi, yang digadang-gadang bisa diterapkan di masa depan, yaitu sound charging.

Baca Juga:

Pertikaian antara Infinix dan Xiaomi Kian Memanas

Xiaomi tengah kembangkan sebuah teknologi baru yang mutakhir yakni sound charging (Foto: wccftech)

Dilansir dari laman Gizchina, paten tersebut kabarnya telah didaftarkan ke China National Intellectual Property Administration (CNIPA).

Pada penjelasannya, diungkapkan bahwa teknologi sound charging akan menggunakan suara dan komponen lainnya, untuk mengisi daya ponsel.

Selain itu, paten tersebut pun melibatkan perangkat penyimpan energi serta perangkat elektronik.

Adapun teknologi Sound Charging yakni mencakup perangkat pengumpul suara, sejumlah perangkat konversi energi, serta daya yang mengubah getara suara di lingkungan, ke getaran mekanis.

Xiaomi tidak meluncurkan teknologi mutakhir tersebut untuk umum dalam waktu dekat, karena masih butuh tahap pengembangan dan uji coba (Foto: xda developer)

Kemudian, pada paten Xiaomi itu, disebutkan juga bahwa perangkat elektronik tersebut akan mengubah getaran mekanis, menjadi arus bolak-balik (AC), dan diubah menjadi arus searah (DC) dengan perangkat konversi daya.

Baca Juga:

Ponsel Gaming Infinix X Mobile Legends: Bang Bang Segera Diluncurkan

Dengan begitu, bila benar paten tersebut direalisasikan, para pengguna ponsel pintar nantinya tak perlu lagi mencari soket listrik, karena hanya dengan suara saja, bisa mengisi daya baik untuk perangkat ponsel pintar atau elektronik lainnya.

Tapi, bukan berarti dengan mendaftar paten lalu XiaOmi lantas mengguakan teknologi tersebut dalam waktu dekat. Karena, masih banyak serangkaian pengujian yang harus dilewati Xiaomi, untuk membuat teknologi baru itu layak secara komersial.

Sebelumnya Xiaomi sudah memperkenalkan teknologi baru, yaitu HyperCharge 200W yang mendukung pengisian daya cepat hingga 200W. Sejauh ini, Xiaomi tercatat baru memiliki satu ponsel pintar pengisian cepat tersebut. (Ryn)

Baca Juga:

Hati-Hati, Jangan Sembarangan Beri Akses Mikrofon dan Kamera Ponsel

#Xiaomi #Ponsel Pintar
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan