Teknologi
Xiaomi Redmi 10C, Ponsel Entry Level dengan Chipset Jagoan Redmi 10C, ponsel entry level dengan chipset andal. (foto: dok Xiaomi Indonesia)

DENGAN performa cepat, kamera cakep, dan kemampuan baterai nan cadas, Redmi 10C siap bersaing di ranah ponsel pintar entry level. Ponsel terbaru rilisan Xiaomi ini merupakan pilihan cerdas bagi pelajar maupun generasi muda yang membutuhkan ponsel pintar untuk selalu produktif dan eksis. “Redmi 10C merupakan perangkat terbaik untuk mendukung kegiatan belajar, sosialisasi di media sosial, atau bahkan untuk mengelola usaha online shop,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse dalam peluncuran Redmi 10C yang digelar virtual, Selasa (19/4).

Menurutnya, teknologi haruslah bisa menjangkau semua orang untuk dapat mendukung produktivitas dan kesenangan dalam kehidupan sehari-hari. Meski merupakan ponsel pintar entry level, Redmi 10C tidak main-main dalam urusan fitur di dalamnya. Spesifikasi dan fitur jagoan dalam ponsel ini dimulai dengan chipset Snapdragon 680, sistem kamera dengan resolusi 50MP, layar besar berkualitas high definition plus (HD+), dan baterai besar yang termasuk tertinggi di kelasnya dengan kapasitas 5000mAh. Kemampuan cadas baterai itu dilengkapi dukungan pengisian daya cepat (fast charging) 18W.

BACA JUGA:

Spesifikasi Xiaomi 12 yang akan Segera Dijual Resmi Di Indonesia

Chipset Snapdragon 680, yang diproduksi dengan teknologi dengan fabrikasi 6 nm, biasanya dibenamkan pada di ponsel pintar kelas menengah. Kehadirannya di Redmi 10C akan membuat ponsel pintar ini mampu menjalankan berbagai kegiatan, seperti browsing, mengelola toko daring di e-commerce, menjelajah media sosial, video streaming, hingga bermain gim.

Sebagai penunjang performa tersebut, Redmi 10C juga dibekali teknologi memori penyimpanan terkini, yakni UFS 2.2. Teknologi itu memungkinkan pembacaan data lebih cepat, sekaligus membuat proses instalasi atau membuka aplikasi favorit menjadi semakin cepat. Selain itu, Redmi 10C juga mendukung fitur memory extension atau ekspansi RAM yang dapat ditambahkan hingga 2GB.

redmi 10C
Pilihan tepat bagi anak muda. (foto: dok Xiaomi Indonesia)

Dari sisi sistem operasi, Redmi 10C telah mendapatkan operating system terbaru dari Xiaomi, yaitu MIUI 13 berbasis Android 11 yang dilengkapi teknologi unggulan untuk meningkatkan kinerja sistem ponsel pintar. Dengan begitu, kinerja sistem akan lebih stabil dan lebih cepat.

Dalam urusan kamera, Redmi 10C diklaim memiliki ukuran terbesar di jajaran ponsel entry level. Kamera 50MP dengan bukaan f/1.8 dan teknologi 4-in-1 pixel binning di ponsel ini akan menghasilkan kualitas foto yang cakep, cerah, dan berkualitas. Di samping dual rear camera, Redmi 10C juga memiliki kamera depan berukuran 5MP. “Tidak hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi 2MP depth camera untuk foto dengan efek bokeh pada latar belakangnya,” jelas Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia Calvin Nobel.

Kehadiran fitur night mode meningkatkan kemampuan ponsel ini dalam mengambil gambar pada malam hari. “Buat anak muda yang hobi bikin konten, fitur Movie Frame akan membantu menciptakan efek sinematik dalam foto yang dihasilkan,” imbuhnya.

redmim 10c
Kamera terunggul di kelas entry level. (foto: dok Xiaomi Indonesia)

Tak hanya bagi pembuat konten, ponsel ini juga mengakomodasi kamu yang doyan nonton streaming di ponsel. Layar besar 6.71” HD+ dot drop display dengan resolusi 1650x720 HD+ akan membuat pengalaman menonton, browsing, bermain gim, maupun berbagai kegiatan lain menjadi lebih menyenangkan. Bagusnya lagi, layar besar ini dilengkapi teknologi native damage resistance (NDR) untuk ketahanan layar yang lebih terhadap goresan. “Perangkat ini sudah mendukung Widevine L1 HD streaming sehingga bisa digunakan untuk streaming video dari Netflix maupun Amazon Prime Video dengan kualitas HD,” kata Calvin.

Konektivitas dalam Desain Ciamik

redmi 10c
Desain ciamik dengan warna fresh. (foto: dok Xiaomi Indonesia)

Dalam urusan konektivitas, Redmi 10C memiliki dedicated dual SIM slot yang memungkinkan pengguna mengaktifkan dua SIM card sekaligus secara bersamaan. Sebagai ruang untuk penambahan storage, Redmi 10C juga memiliki slot micro SD dengan kapasitas hingga 1TB.

Sementara itu, untuk keamanan, selain ada fitur rear fingerprint sensor, Redmi 10C juga memiliki AI face unlock. Teknologi pintar membuka ponsel dengan identifikasi wajah itu umumnya ada di ponsel pintar flagship.

Semua fitur tersebut dimasukkan ke sebuah desain ponsel nan ciamik. Dengan desain curved unibody, ponsel ini hadir dengan dimensi 169,59 mm x 76,56 mm x 8,29 mm dan berat 190 gram. Ada tiga varian warna, yaitu graphite gray, ocean blue, dan mint green. “Warna seperti hitam, biru, dan abu-abu ini masih menjadi favorit konsumen Xiaomi sehingga warna ini juga dihadirkan untuk ponsel seri ini. Untuk warna mint green, ini merupakan sesuatu yang fresh, mewakili jiwa anak muda banget,” jelas Calvin.

Tertarik? Redmi 10C ditawarkan dengan dua varian 4GB/64GB seharga Rp1.899.000 dan 4GB/128GB di harga Rp 2.099.000.

Namun, harga spesial akan diberikan saat penjualan perdana pada 21 April. Ponsel 4GB/64GB dijual Rp1.849.000 dan 4GB/128GB didiskon menjadi Rp 2.049.000. “Jadi siap-siap, tandain dari sekarang, ponsel ini akan dijual tepat pukul 10.00 pada 21 April di official store Xiaomi, kanal e-commerce, serta Xiaomi Store dan Xiaomi Shops di seluruh Indonesia,” tutup Calvin.(dwi)

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pentingnya Universitas Mengikuti Perkembangan Teknologi
Fun
Pentingnya Universitas Mengikuti Perkembangan Teknologi

Teknologi mempermudah kegiatan universitas.

Ketupat dan Opor Ayam Selalu Ada saat Lebaran, ini Maknanya
Kuliner
Ketupat dan Opor Ayam Selalu Ada saat Lebaran, ini Maknanya

Ketupat biasanya disajikan dengan opor ayam, gulai daging, atau gulai telur.

Mau Beli Mobil? Ketahui Terlebih Dahulu Harga Mobil dan Opsi Finansial Terbaik
Fun
Mau Beli Mobil? Ketahui Terlebih Dahulu Harga Mobil dan Opsi Finansial Terbaik

jangan gegabah dan cari opsi yang paling menguntungkan

'Oddworld: Soulstorm' Bisa Dimainkan di Xbox
Fun
'Oddworld: Soulstorm' Bisa Dimainkan di Xbox

Belum tahu kapan tanggal pasti game ini rilis di Xbox.

Unik, Jepang Ciptakan Layar TV yang Bisa Dicicipi
Fun
Unik, Jepang Ciptakan Layar TV yang Bisa Dicicipi

Layar TV ini bisa mengimitasi bermacam varian rasa makanan

Harga BBM di AS Naik Drastis, Polisi Kurangi Patroli
Hiburan & Gaya Hidup
Harga BBM di AS Naik Drastis, Polisi Kurangi Patroli

Kepala Kepolisian pastikan warga tetap aman dan nyaman.

Jeff Bezos Gagal Raih Proyek ke Bulan, Ini Penyebabnya
Fun
Jeff Bezos Gagal Raih Proyek ke Bulan, Ini Penyebabnya

BLUE ORIGIN, perusahaan milik Jeff Bezos yang mengurus eksplorasi luar angkasa, harus 'menelan pil pahit'

FDA Izinkan Vaksinasi COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk Anak
Fun
FDA Izinkan Vaksinasi COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk Anak

FDA berikan izin untuk vaksinasi COVID-19 kepada anak berusia 5 sampai 11 tahun dan memiliki dosis rendah, yaitu Pfizer-BioNTech pediatric

Jadi Primadona Dunia, Ini Fakta Menarik Tanaman Pala Khas Papua
Fun
Jadi Primadona Dunia, Ini Fakta Menarik Tanaman Pala Khas Papua

Keunikan rempah pala yang jadi incaran sejak dahulu.

Ribuan Lowongan Pekerjaan di JobStreet Virtual Career Fair
Hiburan & Gaya Hidup
Ribuan Lowongan Pekerjaan di JobStreet Virtual Career Fair

Setiap Virtual Career Fair disambut dengan baik oleh masyarakat.