Xiaomi Patenkan Ponsel Pintar Bertenaga Matahari Xiaomi bawa inovasi baru ke industri ponsel pintar (Foto: LetsGoDigital)

PERUSAHAAN elektronik asal Cina, Xiaomi, saat ini menjadi salah satu pesaing besar di pasar ponsel pintar. Saat ini banyak pengembang ponsel pintar yang mulai membuat inovasi-inovasi baru seperti ponsel lipat yang dikembangkan oleh beberapa pengembang seperti Apple, Samsung, Sony dan Huawei atau inovasi Google untuk membuat ponsel yang dibuat dari bahan daur ulang.

Tak mau kalah Xiaomi juga nampaknya tengah membuat inovasi baru yang belum pernah dicoba perusahaan lain. Dilansir dari TechRadar.com, Xiaomi baru saja mendaftarkan paten ponsel pintar dengan panel surya ke World Intellectual Property Office (WIPO).

Baca juga:

Sony Ikut Dalam Persaingan Teknologi Ponsel Pintar Lipat

Menurut bocoran dari LetsGoDigital, bagian depan ponsel ini akan dipenuhi layar saja. Tidak terlihat adanya kamera depan dalam gambar konsep yang didapat LetsGoDigital.

Xiaomi Patenkan Ponsel Pintar Bertenaga Matahari
Konsep ponsel Xiaomi dengan panel surya (Foto: LetsGoDigital)

Tapi dirumorkan bahwa Xiaomi akan mengembangkan kamera dalam layar meski informasinya belum pasti. Meski begitu sepertinya sensor pembaca sidik jari dalam layar kemungkinan besar akan hadir dalam ponsel ini.

Di bagian belakang kiri atas, terdapat dua kamera dan juga flash yang spesifikasinya belum diketahui. Lalu mayoritas bagian belakang ponsel akan dipenuhi oleh panel surya.

Baca juga:

Fitur Super FlashCharge di Ponsel Pintar Ini Mengisi Daya 4,000mAh Hanya dalam 13 Menit

Di zaman sekarang ini dimana penggunaan baterai ponsel meningkat hingga berkali-kali lipat, teknologi panel surya ini tentunya sangat berguna untuk menambah waktu penggunaan ponsel dalam sekali pengecasan.

Cukup dengan mengarahkan panel surya di ponsel ke arah matahari, baterai ponsel akan bertambah dan pengguna tidak perlu lagi repot-repot membawa charger atau power bank di siang hari.

Xiaomi Patenkan Ponsel Pintar Bertenaga Matahari
Penggambaran dari LetsGoDigital soal konsep ponsel Xiaomi (Foto: LetsGoDigital)

Melihat dari gambar konsep tersebut, ponsel Xiaomi ini memiliki slot type-c untuk pengisian daya, memindahkan file, dan nampaknya untuk earphone karena tidak ada slot jack dalam gambar tersebut (pengguna harus menggunakan converter type-c ke jack untuk earphone). Tebal ponsel ini juga sepertinya akan sama seperti ponsel pada umumnya.

Hingga saat ini, konsep ponsel pintar yang menggunakan panel surya belum banyak dibuat karena teknologi panel surya pun belum cukup berkembang. Namun di tengah banyaknya inovasi baru di industri ponsel pintar, inovasi milik Xiaomi ini bisa jadi titik baru bagi ponsel yang ramah lingkungan. (sep)

Baca juga:

Janji Google untuk Menggunakan Komponen Daur Ulang Per 2022



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH