Teknologi

Xiaomi Luncurkan Smartphone dengan Layar Kecil

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 29 Desember 2021
Xiaomi Luncurkan Smartphone dengan Layar Kecil
Xiaomi 12 memiliki layar FHD+ 6,28 inci. (Foto: Twitter@Amanz)

BRAND Xiaomi mengumumkan ponsel terbarunya yang diberi nama Xiaomi 12. Banyak orang yang menginginkan ponsel unggulan atau ponsel yang bagus dalam hal spesifikasi dengan layar yang kecil atau ringkas. Diluar sana memang sudah banyak ponsel unggulan yang tersedia dalam beberapa variasi yang diberi nama akhiran Pro, Plus, Ultra dan Max.

Nama-nama tersebut menunjukkan perbedaan ukuran, spesifikasi dan fitur. Alasan produsen melakukannya adalah agar konsumen mendapatkan banyak pilihan dan bisa menyesuaikan apa yang dibutuhkan atau memilih dengan seleranya.

Baca Juga:

Tahun 2023, Slot Sim Card iPhone Bakal Dihilangkan

ponsel
Memiliki Layar OLED dengan kecepatan refresh 120Hz. (Foto: Twitter/TechmenID)

Sebagian besar ponsel saat ini memiliki layar besar dan aspek rasio tinggi yang harus diakui sulit dioperasikan dengan satu tangan. Bagi orang yang membutuhkan ponsel dengan ukuran yang ringkas, biasanya tidak memiliki pilihan yang banyak. Namun Apple saat ini sudah menawarkan iPhone dalam empat ukuran, yang salah satunya diberi nama akhiran ‘Mini’ untuk menunjukkan ukuran yang kecil.

Menurut laman Gizmochina, ponsel ini memiliki layar FHD+ 6,28 inci yang merupakan pengurangan ukuran secara signifikan dibandingkan dengan layar 6,81 inci dari pendahulunya yaitu Xiaomi (Mi) 11. Semakin kecil ukuran layarnya, semakin ringkas dan ringan juga ponsel tersebut untuk dibawa.

Xiaomi berhasil menambahkan spesifikasi dan fitur kelas atas ke ponsel tersebut. Ponsel ini memiliki Layar OLED dengan kecepatan refresh 120Hz, HDR10+, sudah mendukung Dolby Vision dan dilindungi dengan Corning Gorilla Glass Victus.

Ponsel tersebut memiliki tiga kamera pada bagian belakang dengan spesifikasi 50MP kamera utama, 13MP kamera ultrawide dan 5MP kamera makro. Lalu pada bagian depan berkapsitas 32MP kamera selfie. Ponsel tersebut ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan 256GB. Tidak hanya itu, ponsel tersebut juga mampu merekam video hingga 8K.

Baca Juga:

LPDDR5X, RAM Super Cepat yang Dibangun untuk AI, 5G dan Metaverse

ponsel
Menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. (Foto: Gizmochina)

Kemudian kapasitas baterai 4500mAh yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan 4600mAh pada pendahulunya. Namun ponsel ini sudah mendukung fast charging 67W dengan menggunakan kabel, 50W dengan nirkabel dan 10W pengisian nirkabel terbalik. Pengisian tersebut sudah mendukung Quick Charge 4+ dan Power Delivery 3.0.

Fitur lainnya adalah sudah mendukung dual SIM, NFC, IR blaster, speaker stereo yang disetel oleh Harman/Kardon dengan Dolby Atmos, proses pendinginan yang ditingkatkan dan UI baru (MIUI 13) berbasis Android 12. Xiaomi juga telah mengumumkan versi Pro dengan ukuran layar 6,73 inci LTPO Quad HD+ dan sudah mendukung refresh rate 120Hz. Versi Pro juga memiliki tiga kamera belakang, baterai 4600mAh yang sedikit lebih besar dan mendukung pengisian kabel cepat 120W.

Versi yang lebih terjangkau adalah Xiaomi 12X yang memiliki layar 6,28 inci yang sama dengan Xiaomi 12. Tetapi memiliki kinerja lebih rendah karena menggunakan prosesor Snapdragon 870. Sayangnya, untuk ponsel versi ini tidak mendukung pengisian nirkabel.

Ketiga ponsel tersebut akan dijual di Tiongkok terlebih dahulu. Teruntuk Xiaomi 12X dibanderol dengan harga sekitar Rp7,1 jutaan, lalu Xiaomi 12 sekitar Rp8,3 jutaan dan Xiaomi 12 Pro dibanderol dengan harga sekitar Rp10,5 jutaan. (frs)

Baca Juga:

Pengguna iPhone Dapat Mengukur Detak Jantung Menggunakan Google Fit

#Teknologi #Ponsel
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan