Xiaomi dan Huawei Unggul, Apple Tersungkur

Rendy NugrohoRendy Nugroho - Selasa, 04 Agustus 2015
Xiaomi dan Huawei Unggul, Apple Tersungkur
Foto: Cult of Mac

MerahPutih Teknologi - Selama beberapa tahun terakhir, Apple memang menjadi idaman penikmat gadget di Tiongkok. Namun, beberapa pabrikan lokal Negeri Tirai Bambu tak mau tinggal diam.

Hal tersebut terbukti dengan laporan terbaru yang mengungkapkan bahwa Apple tersungkur ke posisi tiga dalam pasar smartphone di Tiongkok. Sebelumnya, produsen iPhone tersebut mampu menempati posisi teratas pada kuartal sebelumnya.

Sebagaimana diwartakan laman IT Portal, perusahaan analis Tiongkok, Canalys, mengungkapkan bahwa Xiaomi berhasil menggeser Apple dan menempati peringkat satu dengan pangsa pasar 15,9 persen di China.

Selain itu, vendor asal tiongkok lainnya, Huawei juga berhasil mengalahkan Apple dan membuntuti Xiaomi di peringkat kedua pangsa pasar sebesar 15,7 persen. Huawei tercatat meraih pertumbuhan penjualan cukup besar, yakni 48 persen sepanjang kuartal terakhir 2014.

"Apple dan Samsung berhasil meningkatkan dengan baik aktivitas penjualan mereka di pasar Tiongkok, mereka berkembang pesat dalam cakupan channel melalui toko flagship dan pengecer ponsel kecil serta medium. Xiaomi berada di bawah tekanan besar untuk mempertahankan posisi teratas di kuartal yang akan datang," ujar Jingwen Wang, analis Canalys.

Model teranyar iPhone yakni iPhone 6s yang kabarnya akan segera rilis diharapkan mampu mendongkrak kembali posisi Apple. Samsung, yang merupakan pesaing berat Apple menempati posisi keempat di Tiongkok, lalu diikuti oleh Vivo.

Baca Juga:

Samsung Galaxy Note 3 Neo Segera Terima Upgrade Lollipop

Jet Recon, Kaca Mata Olah Raga dengan Kamera

Nokia OZO, Kamera untuk Produksi Video Vitual Reality

Canon Rilis Kamera Video, ME20F-SH

Google Glass Terbaru Resmi Rilis

#Smartphone #Apple #Xiaomi
Bagikan
Ditulis Oleh

Rendy Nugroho

Bagikan